Jateng Today
Pertumbuhan Ekonomi Jateng Kuartal II 2016 Tumbuh 5,75 Persen
gapeksindo.com

Pertumbuhan Ekonomi Jateng Kuartal II 2016 Tumbuh 5,75 Persen

gapeksindo.com

gapeksindo.com

JATENGSATU.COM — Ekonomi Jateng kuartal II/2016 tumbuh 5,75 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan periode sama tahun lalu sebesar 5,06 persen.

“Pertumuhan ekonomi Jateng kuartal dua lebih baik dari nasional. Hal ini didorong konsumsi rumah tangga, khususnya selama Ramadan dan Lebaran. Sedangkan sektor pariwisata kontribusinyta tidak terlalu besar,” kata Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Samiran.

Dari sisi produksi, menurut dia, mengatakan, pertumbuhan tertinggi dicapai lapangan usaha pertambangan dan penggalian sebesar 15,26 persen; disusul pertanian kehutanan dan perikanan sebesar 11,71 persen.

“Pertumbuhan ini masih dipengaruhi faktor musiman, di antaranya masih berlangsung panen raya tanaman pangan di sebagian wilayah Jateng,” ujarnya.

Jika dilihat dari awal tahun sampai dengan saat ini, ekonomi Jateng sepanjang semester I/2016 tumbuh sebesar 5,36 persen.

Sejauh ini, struktur ekonomi Jateng pada kuartal II/2016 didominasi lapangan usaha industri pengolahan sebesar 34,92 persen; disusul pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 15,83 persen; serta perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 13,13 persen. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*