Jateng Today
UPGRIS Lepas 2.000 Mahasiswa Calon Guru Magang di 9 Kabupaten Provinsi Jateng
Universitas PGRI Semarang (UPGRIS)

UPGRIS Lepas 2.000 Mahasiswa Calon Guru Magang di 9 Kabupaten Provinsi Jateng

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS)

Universitas PGRI Semarang (UPGRIS)

JATENGSATU.COM, SEMARANG – Lebih dari 2.000 mahasiswa calon guru Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dilepas untuk menjalani magang sebagai guru selama dua bulan di sekolah yang tersebar di sembilan kabupaten di Jawa Tengah, Senin (1/8/2016).

Kepala Pusat PPL, Drs Wiyaka Mpd menjelaskan tujuan permagangan adalah memberikan pengalaman awal dalam mempraktikan rancangan pembelajaran yang telah dibuat untuk diterapkan di kelas dengan menjadi asisten guru.

“Dengan demikian mereka akan menerapkan learning by doing, meski demikian tetap ada guru pamong dalam kegiatan ini tetap dibutuhkan,” beber Wiyaka.

Total ada 2.071 peserta magang yang akan menyebar ke beberapa kabupaten mulai dari Semarang, Pati, Kudus, Jepara, Kendal, Batang, Pekalongan, hingga Pemalang.

“Selain peserta magang hari ini kami juga melepas peserta Pengembangan Profesi Guru (PPG) sebagai syarat sertifikasi, yang ini pesertanya sudah lulus, bukan mahasiswa jumlahnya 26 orang,” bebernya.

Ia menjelaskan, perbedaannya untuk peserta Magang akan ditugaskan selama dua bulan, namun untuk peserta PPG akan ditugaskan selama empat bulan.

Di lain sisi, salah satu mahasiswi yang akan magang di SD Bubakan Kemijen, Kota Semarang menjelaskan telah mengikuti tiga tahap permagangan selama kuliah.

“Ini merupakan wujud mata kuliah Magang III, sebelumnya saya sudah mengikuti magang pertama dan kedua, ada perbedaan dalam setiap permagangan,” imbuh mahasiswi yang juga finalis Denok Semarang tersebut. Ia menjelaskan magang pertama lebih banyak observasi dan melihat kondisi perlengkapan sekolah.

Magang kedua melihat proses guru mengajar dan ke tiga ini ia akan didapuk menjadi asisten guru. “Tentu lebih antusias magang kali ini karena akan menambah jam terbang mengajar kita,” terang model freelance yang bercita-cita menjadi seorang guru tersebut. (*)

Sumber: Tribun Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*