Jateng Today
Tas Ciptaan mahasiswa Undip Cinta Lingkungan
Istimewa

Tas Ciptaan mahasiswa Undip Cinta Lingkungan

JATENGSATU.COM, UNDIP — Tas Cinta Lingkungan (Cilik) satu di antara karya mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip)  melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan yang berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke 29 di Institut Pertanian Bogor 8 Agustus 2016 mendatang.

Tim PKM-K Tas Cilik terdiri atas

Istimewa

Istimewa

Di Indonesia, kantong plastik sangat populer digunakan untuk membawa berbagai macam keperluan. Kepopuleran itu membawa Indonesia menduduki peringkat kedua penghasil sampah plastik terbanyak di dunia.

Hal itu menimbulkan masalah lingkungan yang baru dan serius. Lantaran plastik sangat sulit terurai sehingga dapat mencemari tanah dan mengganggu ekosistem air laut.

Upaya daur ulang plastik telah dilakukan, namun plastik yang terdaur ulang tidak sebanding dengan plastik yang dihasilkan.

Tas Cilik ciptaan mahasiswa Undip ini mampu menjawab problemetika tersebut karena selain bisa digunakan berulang-ulang, tas ini dapat dilipat berbentuk dompet sehingga sangat praktis dibawa dan digunakan saat berbelanja.

Ia memaparkan tas reuseable karyanya terbuat dari bahan spunbond dengan ukuran 30×40 cm dan ukuran ketika terlipat 10×11 cm. Tas ini dijual dengan harga Rp 13 ribu sehingga bisa dijangkau.

Dengan tas tersebut, diharapkan program pemerintah Indonesia bebas sampah plastik pada tahun 2020 bisa tercapai. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*