Jateng Today
Selamat Jalan Pak Zaid, Masyarakat Jawa Tengah Berduka
Ilustrasi

Selamat Jalan Pak Zaid, Masyarakat Jawa Tengah Berduka

Pemakaman kepala Ombusdman Perwakilan jateng (Triunjateng.com)

Pemakaman kepala Ombusdman Perwakilan jateng (Triunjateng.com)

JATENGSATU.COM, DEMAK — Selamat jalan Pejuang Pembela Rakyat Kecil. Sekitar pukul 20.45 WIB, jenazah Achmad Zaid Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, dikebumikan di TPU Desa Brumbung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2016) malam.

Sebelumnya jenazah Zaid disemayamkan di rumah duka. Kang Zaid mengalami kecelakaan di perlintasan kereta api di Mranggen, Kamis siang saat menunaikan tugas investigasi ke sekolah-sekolah.

Suasana berkabung kental terasa malam ini. Suara isak tangis keluarga, kerabat hingga rekan Zaid mengiringi kepergian Kang Zaid. Lantunan doa dari masyarakat menggema di kawasan rumah duka. Mereka tak menyangka, Zaid begitu cepat pergi meninggalkan mereka selama-lamanya.

Masyarakat Jawa Tengah berduka. Mereka kehilangan orang terbaiknya. Zaid bertugas di lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

Kakak sepupu Zaid, Hadi Sumitro, menuturkan, tugas Zaid sebagai Kepala Ombudsman di Jateng bukan perkara kacangan. Posisi Zaid rentan akan ancaman. Menurut Hadi, akhir-akhir ini Zaid sering mencurahkan hati bahwa banyak intimidasi dari orang tak dikenal, baik melalui media sosial maupun sms.

“Beliau rajin shalat. Sering cerita banyak yang mengancam dirinya, tetapi beliau tetap tenang. Kami pun selalu mendukungnya karena itu tugas mulia,” tutur Hadi saat ditemui Tribun di rumah duka.

“Sebagai ombudsman pastinya tempat yang basah, tetapi beliau tetap hidup dalam kesederhanaan. Bahkan masih mengontrak di rumah yang sangat sederhana. Tanpa alas keramik dan berdinding kayu. Pak Zaid itu orangnya jujur.” tangis Hadi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, kaget ketika mendengar informasi bahwa Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Achmad Zaid, meninggal karena kecelakaan tertabrak kereta api.

“Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun. Semoga husnul khotimah,” ujarnya ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (11/8).

Menurutnya, sosok Achmad Zaid, memiliki kepribadian yang baik dan keberanian dalam menjalankan tugas. Zaid juga dinilai memiliki kepedulian tinggi terhadap perbaikan layanan publik utamanya di Jawa Tengah.

“Beliau orang yang berani dan tidak ragu dalam mengawasi layanan publik,” kata Ganjar. (*)

Sumber: Tribunjateng.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*