Jateng Today
Banjir Rob Kembali Terjang Pantura di Genuk dan Kaligawe
www.bbc.com

Banjir Rob Kembali Terjang Pantura di Genuk dan Kaligawe

www.bbc.com

www.bbc.com

JATENGSATU.COM, SEMARANG —  Momok banjir rob yang terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2016) kembali datang. Rob telah masih meluber ke jalan-jalan utama pantai utara Jawa di wilayah Kaligawe dan Genuk hingga ketinggian 5-10 sentimeter.

Ada dua lokasi yang masih tergenang, yakni di pertigaan pintu keluar Terminal Terboyo dan pintu masuk kawasan industri Genuk.

Meski terjadi banjir rob, lalu lintas kendaraan tetap normal dan tidak ada kemacetan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi telah menetapkan darurat bencana banjir rob di ibu kota Jawa Tengah tersebut.Pemkot Semarang bersama Pemprov Jateng dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah melakukan langkah darurat bencana semenjak Lebaran lalu.

Langkah itu berupa penyiapan pompa ukuran besar, sedang, dan kecil. Pompa ukuran besar diletakkan di muara sungai, sementara pompa kecil ditaruh di sepanjang jalan pantura.

Pompa kecil yang digunakan menyedot air rob kini sudah tak tampak lagi. Rob dibiarkan masih menggenangi jalanan.

Saat penanganan darurat lalu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sempat meminta warga yang tinggal di sekitar rob untuk bersabar dan tidak mengandalkan emosi dalam menyelesaikan masalah rob.

Warga setempat sempat bersitegang dengan petugas terkait penanganan rob dengan mengacungkan senjata. Warga meminta petugas tak membuka pintu air agar wilayahnya tak tergenang air.

Permasalahan ini mulai dipecahkan setelah Pemprov Jateng dan Kementerian PUPR menyediakan pompa air. Pompa yang telah tersedia akan ditaruh di pusat air di dekat pemukiman sumber genangan, lalu disedot di daerah tampungan sementara di depan SPBU Genuk.

Dari wilayah tampungan itu, air rob disedot menggunakan selang panjang dan dialirkan ke Kali Babon. (Kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*