Jateng Today
Pemkot Magelang Rekrut 50 Linmas

Pemkot Magelang Rekrut 50 Linmas

Linmas Magelang
JATENGSATU.COM, MAGELANG –– Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang merekrut petugas perlindungan masyarakat (Linmas) tahun ini. Sedikitnya 50 orang mengikuti seleksi calon petugas keamanan tingkat lingkungan tersebut, Selasa(24/8) lalu.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Linmas Kota Magelang tahun 2016, Sigit Budiantoro mengatakan, saat ini jumlah petugas Linmas belum memenuhi standar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni satu Rukun Tetangga (RT) satu Linmas. Kota Sejuta Bunga sendiri saat ini memiliki 1.020 RT.

“Jumlah totalnya se-Kota Magelang baru sekitar 800 orang. Dengan adanya penambahan atau rekruitmen rutin tiap tahun ini ke depan harapannya bisa memenuhi ideal yang dipakemkan Kemendagri,” kata Sigit yang juga Kasubid Pemerintahan Kamtib dan Linmas PB, Kesbangpolinmas itu.

Selama tiga hari, lanjutnya, para peserta akan mengikuti tes wawancara, tes tertulis, pembekalan dari aparat TNI dan Polres Magelang Kota, uji kesamaptaan, dan jasmani.

“Dalam seleksi ini mereka mendapat materi tentang kesamaptaan, peraturan baris-berbaris (PBB), dasar militer, bela diri, cipta kondisi, dan membaca situasi untuk mengantisipasi tindak kejahatan,” papar dia.

Menurutnya, setelah dinyatakan lulus seleksi, anggota Linmas yang baru akan mendapat pelatihan lebih lanjut sesuai bidang kemampuan. Termasuk Bidang Search and Rescue (SAR) dan kesehatan.

“Keberadaan anggota Linmas merupakan aparat cadangan umum yang mendukung kinerja pemerintah maupun kepolisian, sekaligus berperan sebagai ujung tombak kejadian kedaruratan di masyarakat,” jelasnya.

Sigit menyebutkan, meski status mereka setelah diterima tak langsung menjadi pegawai negeri sipil (PNS) maupun tenaga honorer, namun mereka berhak mendapat honor sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Khusus perekrutan tahun ini, kata Sigit, pihaknya sengaja membuka kesempatan bagi calon Linmas perempuan. Dari total 50 orang yang mendaftar, hampir sepertiganya merupakan calon anggota Linmas perempuan.

Sumber: magelangkota.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*