Jateng Today
UNS Segera Buka Kampus di Sragen Jawa Tengah
UNS Solo

UNS Segera Buka Kampus di Sragen Jawa Tengah

UNS Solo

UNS Solo

JATENGSATU.COM, SOLO — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Profesor Ravik Karsidi mengatakan akan membangun kampus UNS di Kabupaten Sragen.

Makanya, Profesor Ravik Karsidi menambahkan untuk membangun kampus UNS di Sragen perlu perencanaan yang matang dan menurutnya hal tersebut bisa saja direalisasikan dalam waktu lima tahun mendatang.

“Karena masa jabatan kami juga terbatas, maka kami harapkan dalam lima tahun ke depan sudah ada persiapan pembangunan kampus UNS di Sragen, ini sifatnya embrio,” ujar Ravik, Rabu (3/8/2016).

Profesor Ravik Karsidi menambahkan akan melihat proiritas fakultas mana yang cocok untuk ditempatkan di wilayah Kabupaten Sragen.

Menurutnya, Fakuktas Pertanian atau Fakultas Ekonomi Bisnis bisa menjadi alternatif untuk ditempatkan di wilayah Kabupaten Sragen.

“Yang paling utama, kampus perintis harus disediakan lahan seluas 50 hektar tanah dan sumber daya yang lain. Terkait bangunan fisik, Kementerian Riset dan Teknologi akan support,” sambung Profesor Ravik Karsidi.

Menurutnya, dua pihak berkomitmen terkait pembangunan Kampus UNS di Sragen. Hanya saja, menurutnya, masih perlu dukungan mulai dari masyarakat, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Di sisi lain, Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, pihaknya tengah mencari lokasi.

Pertimbangan mencari lokasi, ujar bupati yang akrab disapa Yuni itu meliputi, mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari Solo, misalnya di Kecamatan Kalijambe, Plupuh atau Masaran.

“Lahan 50 hektar itu tidak kecil, nanti menjadi tugas dari Sekda untuk inventaris. Setelah itu analisa lokasi yang cocok, kami serahkan pada beliau (Ravik Karsidi),” jelasnya.

Yuni berharap adanya kampus UNS di Sragen dapat memberi multiplier effect atau bagi masyarakat.

“Tidak sekadar berdiri di Sragen saja namun diharapkan adanya Kampus UNS mampu membawa pengaruh pada perekonomian hingga pendidikan bagi warga Sragen, serta mempercepat pembanguan di Sragen,” tandasnya.

Sumber: Tribunjateng.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*