Jateng Today
TAHUKAH ANDA! Asal Usul Tongseng, Ternyata dari Boyolali
Kompas.com

TAHUKAH ANDA! Asal Usul Tongseng, Ternyata dari Boyolali

Kompas.com

Kompas.com

JATENGSATU.COM –-Nikmatnya perpaduan rasa manis dan gurih yang berpadu dengan daging kambing empuk serta renyahnya kol dan cabai rawit membuat orang ketagihan makan tongseng. Tongseng adalah kuliner khas nusantara yang terkenal dari daerah Jawa Tengah.

Namun tahukah Anda, jika tongseng sebenarnya terinspirasi oleh pedagang Timur Tengah berabad-abad lalu?

Abad ke-18 sampai 19 banyak saudagar dari Timur Tengah datang berdagang di Nusantara. mereka juga menyebarkan agama dan membawa kegemaran lainnya, termasuk kuliner. Salah satu yang mereka gemari adalah daging kambing dan domba

Menurut pengamat kuliner Arie Parikesit,  kegemaran para saudagar Timur Tengah menyantap daging kambing akhirnya ditularkan ke masyarakat lokal.

“Kita banyak mengonsumsi sate. Sate sebenarnya terinspirasi dari kebab. Bedanya kebab itu kering dan sate berbumbu kecap serta kacang,” kata Arie.

Arie menjelaskan setelah daging habis diolah mejadi sate maka sisalah jeroan dan bagian kambing lainnya. Bagian sisa tersebut kemudian diolah menjadi gulai.

Dari air rebusan kuah gulai kemudian ditumis kembali dan jadilah tongseng. “Seng dari tongseng itu diambil dari kata ‘oseng-oseng’ (tumis),” kata Arie.

tongseng
Dipercaya bahwa daerah pertama penghasil tongseng adalah Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah.

“Dulu masyarakat Kecamatan Klego mencari nafkah dengan bertani, ternyata mata pencariannya kurang. Akhirnya mereka beralih profesi menjual sate dan tongseng, sampai sekarang,” jelas Arie.

Di Klego bahkan ada monumen penjual dengan gerobak sate dan tongseng pikul yang menunjukkan kebanggaan masyarakat Klego akan kuliner tersebut. Dari Klego, dipercaya kuliner tongseng menyebar hingga seluruh Nusantara.

Sumber: Tribun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*