Jateng Today
Unnes Bekali Wisudawan dengan Training Persiapan Masuk Dunia Kerja

Unnes Bekali Wisudawan dengan Training Persiapan Masuk Dunia Kerja

Seminar

JATENGSATU.COM, SEMARANG — Universitas Negeri Semarang memberikan pelatihan kepada 200 mahasiswa dalam program persiapan karir tahap III 2016 Rabu (12/11/2016) di Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni UNNES kampus Sekaran.

Dalam kegiatan itu ia mengundang pembicara dari AIS-Training & Consulting, Antonius Agus Marhendro untuk berbicara dihadapan mahasiswa yang akan diwisuda dan memasuki dunia kerja.

“Tahun pertama didunia kerja adalah modal dan pondasi yang kokoh untuk tahun-tahun kerja berikutnya. Banyak para pemula yang gagal pada fase adaptasi ini,” terangnya seperti tertulis dalam keterangan pers kepada Tribun Jateng, Jumat (14/10/2016).

Menurutnya, para newbie di dunia kerja tersebut tidak mampu menyesuaikan diri menjadi profesional, kemudian mereka pindah ke tempat kerja yang baru.

Di tempat baru mereka diawal-awal tahun juga gagal, dan akhirnya jadilah kutu loncat.

Antonius juga mengemukakan, Manager HRD melihat kutu luncat tidak bisa memenuhi tuntutan perusahaan-perusahaan tersebut sehingga dianggap minim pengalaman dan keahlian.

“Oleh karena itu, Faktor sukses sebagai profesional secara umum dipengaruhi oleh kemampuan untuk menetapkan, merumuskan, serta memelihara visi yang bermakna untuk masa depan,” bebernya.

Di lain sisi, Kepala Pusat Pengembangan Karir dan Bimbingan Konseling Unnes Dr Eko Supraptono MPd saat membuka kegiatan menyampaikan, pelatihan ini dilatarbelakangi bahwa menurut HRD lulusan perguruan tinggi itu kebanyakan soft skillnya lemah saat menghadapai tes masuk perusahaan.

Untuk itu setiap akan menyelenggarakan wisuda selalu membekali tambahan soft skill kepada mahasiswa. (*)

Tribun Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*