Jateng Today
Kabar Gembira, 1 Agustus 2017 Banyak Lowongan PNS MA dan Kemenkum HAM, Inilah Caranya
www.qerja.com

Kabar Gembira, 1 Agustus 2017 Banyak Lowongan PNS MA dan Kemenkum HAM, Inilah Caranya

www.qerja.com

JATENGSATU.COM — Kabar gembira,  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan-RB) telah mengumumkan pembukaan 19.210 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) untuk mengisi jabatan di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Pembagian tersebut di antaranya MA 1,684 lowongan dan 17.962 Kemenkumham. Hari Ini, 1 Agustus 2017 pembukaan lowongan CPNS tersebut akan dimulai. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran online

Silahkan buka https://sscn.bkn.go.id dan siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP ) dan Kartu Keluarga (KK) Anda.

2. Username dan Password

Setelah sukses registrasi online, para peserta akan mendapatkan username dan passoword yang harus disimpan baik-baik untuk bisa ikut seleksi CPNS.

3. Kartu pendaftaran registrasi online

Tak hanya username dan password, peserta juga akan mendapatkan kartu registrasi online yang nantinya harus dicetak dan disertakan dengan dokumen lainnya.

4. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pelamar Mahkamah Agung

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan saat mengikuti seleksi CPNS Mahakamah Agung ialah:

a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di materai Rp 6.000 serta ditujukan ke Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia.

b. Fotokopi KTP

c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi

d. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT khusus untuk pelamar umum dan pelamar Papua, Papua Barat, disertakan surat keterangan atau bukti lain yang menunjukkan program studi pelamar terakreditasi minimal B.

e. Untuk pelamar dengan IPK cumlaude, dilampirkan surat keterangan yang menunjukkan perguruan tinggi negeri atau swasta terakreditasi A.

f. Pas foto terbaru ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak empat lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.

g. Dokumen-dokumen tersebut dimasukan ke dalam amplop berwarna cokelat dan menempekan nomor pendaftaran registrasi online dibagian sudut kanan atas amplop.

5. Dokumen dikirim

Setelah seluruh berkas terpenuhi, selanjutnya amplop tersebut dikirimkan ke Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 melalui Pos dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling telat 26 Agustus 2017 dan selambatnya diterima 31 Agustus 2017.

6. Tahapan seleksi

Setelah selesai mengirimkan berkas-berkas yang diminta, kini giliran kamu menunggu pengumuman lolos administrasi agar bisa melanjutkan ke tahap seleksi CPNS selanjutnya.

– Seleksi administrasi digelar pada tanggal 2-31 Agustus 2017, pengumuman hasil seleksi administrasi dan jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) serta seleksi kompetensi bidang (SKB) diberitahukan pada tanggal 5 September 2017.

– Seleksi SKD dan SKB dilaksanakan pada 18-22 September 2017, dan pengumuman seleksi SKD dan SKB pada 28 September 2017.

– Tes materi bidang hukum dengan CAT BKN atau yang berarti Computer Assisted Test (CAT). Ujian CAT berlangsung di 30 lokasi dan pelamar dapat memilih lokasi terdekat yang akan dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2017).

– Lalu pelaksanaan psikotes, wawancara, dan lain-lain pada 16-21 Oktober 2017.

– Pengumuman kelulusan akhir pada 31 Oktober 2017.

Kemenkumham

Bagi kalian yang berminat melamar CPNS Kemenkumham terbagi dalam dua jenis dan alurnya juga tak jauh berbeda dengan pelamar Mahkamah Agung yakni diharuskan melakukan registrasi dan mencetak bukti pendaftaran.

Bagi pelamar SLTA dan D III diharuskan mengetik surat lamaran dengan materai Rp 6000.

Adapun Dokumen untuk pelamar Kemenkumham

Format surat lamaran bagi para pelamar Kemenkumham telah tersedia pada website resmi https://sscn.bkn.go.id.

Dokumen yang perlu disiapkan antara lain :
– Fotokopi KTP
– Fotokopi ijazah/STTB
– Fotokopi ijazah SD
– Ijazah SLTP dan ijazah SLTA
– Surat pernyataan bermaterai Rp 6. 000
– Pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar

Setelah terkumpul dikirimkan kepada Menteri Hukum dan HAM di Jakarta.

Nah bagi kalian yang merupakan sarjana bisa langsung registrasi onlin dan mengunggah dokumen-dokumen tersebut disertai ijazah ke laman https://sscn.bkn.go.id.

8. Info lebih lanjut

Untuk info lebih lengkap dan rinci bisa langsung menghubungi Kementerian Hukum dan HAM pada nomor (021) 5253004.

Sumber: Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*