Jateng Today
Pasar Johar Baru Bisa Ditempati Awal 2020

Pasar Johar Baru Bisa Ditempati Awal 2020

Pasar JoharJATENGSATU.COM – Bagi Anda yang penasaran kapan Pasar Johar bisa digunakan? Ini ada kabar dari Dinas Perdagangan Kota Semarang yang telah menargetkan pembangunan Pasar Johar baru akan rampung dan ┬ábisa ditempati pada awal 2020.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto di Semarang mengaku walau para pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Johar menghendaki secepatnya dirampungkan.

Pembangunan Pasar Johar baru akan dilakukan secara menyeluruh, termasuk pengembalian alun-alun pasar di depan Masjid Agung Semarang atau lebih dikenal dengan nama Masjid Kauman Semarang.

Pasar Johar Semarang, kata dia, terdiri atas beberapa pasar, yakni Pasar Johar Tengah, Pasar Johar Utara, Pasar Johar Selatan, Pasar Yaik Permai, Pasar Yaik Baru, dan Pasar Kanjengan.

Nantinya, kata dia, di kawasan yang sekarang ada pos polisinya akan dijadikan alun-alun, sementara di area “basement”-nya akan dijadikan tempat perkir dan sebagian untuk pedagang “pancakan”.

Saat ini, kata dia, Dinas Perdagangan masih fokus untuk menyelesaikan Pasar Kanjengan yang juga ikut dibangun, yakni merelokasi pedagang ke tempat relokasi di kawasan MAJT Semarang.

Sebenarnya, kata dia, jika sesuai dengan keputusan pengadilan maka PT Pagar Gunung Kencana, beserta pedagang di dalamnya harus meninggalkan lokasi Pasar Kanjengan tanpa syarat apapun.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Semarang tetap memikirkan dampak sosialnya jika tidak difasilitasi tempat relokasi sehingga disediakan relokasi Sementara Pasar Johar Blok F. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*