Jateng Today
Apa Itu Jet Blast? Pernah Ada Turis Tewas Terlempar Setelah Terkena Jet Blast

Apa Itu Jet Blast? Pernah Ada Turis Tewas Terlempar Setelah Terkena Jet Blast

JATENGSATU – Sejumlah orang terluka akibat akibat jet blast pesawat Garuda Indonesia di parking stand 3 Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Senin (9/10/2017) sore.

Seluruh korban masih dalam perawatan di RS Columbia Asia Semarang, tak jauh dari bandara tersebut.

“Info sementara, ada delapan orang yang dirawat akibat jet blast,” kata General Manager Angkasa Pura I Ahmad Yani Semarang, Kol Cpn Maryanto, kepada Tribunjateng.com .

Jet blast atau semburan dari mesin itu berasal dari pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 365 dari Surabaya.

Lalu apa arti dan makna Jet blast? Menurut wikipedia, Jet Blast adalah fenomena pergerakan udara cepat yang dihasilkan oleh mesin jet pesawat terbang, terutama pada atau sebelum lepas landas.

Sebuah pesawat jet bermesin besar bisa menghasilkan angin hingga 100 knot (190 km / jam; 120 mph) sejauh 60 meter (200 kaki) di belakangnya dengan kekuatan maksimum 40%.

Ledakan jet blast bisa menjadi bahaya bagi orang atau benda tak aman lainnya di belakang pesawat terbang, dan mampu meratakan bangunan dan menghancurkan kendaraan.

Meskipun memiliki kekuatan dan sifat peledak yang berpotensi merusak, ada sedikit insiden ledakan jet dan jarang terjadi

Karena sifatnya tak terlihat dari ledakan jet dan sifat aerodinamis pesawat terbang ringan, pesawat terbang ringan yang bergerak di sekitar bandara sangat rentan.

Pilot pesawat ringan sering tetap berada di sisi landasan pacu, bukan mengikuti di tengah, untuk meniadakan efek ledakan tersebut.

Pada tahun 2003 di atas kapal USS Abraham Lincoln (CVN-72) , sebuah deflektor ledakan jet dinaikkan secara hidrolik untuk melindungi satu F / A-18 Hornet dari knalpot jet lain.

Pesawat propeller juga mampu menghasilkan angin belakang yang signifikan, yang dikenal sebagai prop wash .

Pantai Maho di Sint Maarten terkenal dengan kedekatannya yang unik dengan landasan pacu Bandara Internasional Putri Juliana , yang memungkinkan orang untuk mengalami ledakan jet, sebuah praktik yang tidak disarankan.

Seorang turis terbunuh pada 12 Juli 2017 saat dia terpesona oleh ledakan jet, yang menyebabkan dirinya terlempar dan kepalanya menabrak beton.

Beberapa bandara memasang deflektor ledakan jet di daerah di mana jalan atau orang mungkin berada di jalur ledakan jet saat lepas landas.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*