Jateng Today
AYO DUKUNG! Usulan Buwas, Gantung Oknum Penjaga Lapas Terlibat Jaringan Narkoba
foto: detiknews.com

AYO DUKUNG! Usulan Buwas, Gantung Oknum Penjaga Lapas Terlibat Jaringan Narkoba

foto: detiknews.com

JATENGSATU.COM — Geram ulah oknum penjaga lembaga permasyarakatan (lapas) dengan banyaknya narapidana yang terlibat jaringan narkotika. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso (Buwas) berharap oknum-oknum tersebut dihukum lebih berat dari para bandar narkotika.
“Oknum-oknum adalah pengkhianat kepada institusi, harusnya hukuman harus lebih berat dari pada bandar,” kata Buwas di kantonya, Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (10/10).
Menurutnya, sanksi berupa pemecatan tak terlalu berdampak signifikan. Buwas menyebut para oknum ini bisa bergabung dengan jaringan narkotika setelah dipecat.
“Harusnya ada contoh tindakan tegas bukan hanya dipecat karena begitu dipecat dia bekerja dengan jaringan. Makanya harus dihukum berlipat-lipat hukuman mati harus dilakukan kepada oknum petugas lapas,” jelas dia.
Buwas memberi contoh selain hukuman mati. Menurutnya, hukuman berat harus diberikan agar menimbulkan efek jera. Sehingga tak ada lagi oknum lapas yang terlibat jaringan narkoba.
“Hukuman berat kalau umpama oknum itu dicincang di depan umum pasti akan semua takut, nggak apa-apa untuk kebaikan. Yang jelas kalau kita bicara keadilan, pelanggaran HAM itu adanya di akhirat. Makanya harusnya hukuman berat kepada okmun kalau perlu seumur hidup kakinya digantung di atas kepala di bawah, makannya dari bawah dan dipamerkan ke seluruh penjuru ini biar orang akan kapok dan nggak akan coba-coba. Kalau hanya dipecat itu bukan menyelesaikan masalah. Wong dia masih pegawai malah dia berkolabori dengan jaringan. Ini itu lingkaran setan,” imbuhnya. (*)

Sumber: Detiknews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*