Jateng Today
9 Negara Ini Butuh 11.353 Tenaga Kerja Asal Indonesia, Tertarik?

9 Negara Ini Butuh 11.353 Tenaga Kerja Asal Indonesia, Tertarik?

Sebanyak 9 negara membutuhkan sebanyak 11.353 lowongan kerja. Kesembilan negara tersebut meliputi Rumania, Saudi Arabia, Malaysia, Srilanka, Irak, Papua New Guinie, Nigeria dan Palau.

Itulah catatan BNP2TKI pada hari kedua Trade Expo Indonesia (TEI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang, Jumat (12/10/2017).

Menurut Plh Direktur Promosi BNP2TKI, Ricky Ardiansyah tujuh sektor pekerjaan yang dibutuhkan adalah meliputi hospitality, health atau kesehatan, information and technology, manufacture, konstruksi, oil dan gas, dan transportasi.

Mitra BNP2TKI dari institusi pendidikan kesehatan, menampilkan demonstrasi keterampilan dan keahlian perawat yang siap bekerja ke luar negeri. Dalam penampilan tersebut, para perawat menggunakan pengantar Bahasa Inggris.

“Kita selalu membiasakan diri untuk menggunakan Bahasa Inggris. Makanya, para perawat sengaja ditampilkan di depan untuk menyapa para tamu asing dan menawarkan periksa tekanan darah. Kita lihat juga penampilan demo keahlian perawat dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris,” jelas Nina, pengajar Bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Cirebon.

Menyinggung penawaran atau permintaan kerja di luar negeri, Nina menjelaskan bahwa kemarin (11/10) ada tawaran atau permintaan pekerja perawat dari buyer asal Irak dan Bahrain.  Kemudian ada juga permintaan pertukaran pelajar dari Papua New Guinea.

“Tawaran ke Irak dan Bahrain, kami agak keberatan karena kita tahu Negara Kawasan Timur Tengah lagi bergejolak dan menjadi tidak aman bagi pekerja Indonesia,” tambah Nina.

Sementara itu, Jusuf, Kasubdit Promosi Kawasan Timur Tengah, Afrika dan Eropa, Direktorat Promosi BNP2TKI, menyampaikan bahwa dilihat dari sisi potensi remitansi, sebanyak 11.353 job indication tersebut diproyeksikan akan menghasilkan $ US 13.000.728 (Humas/BNP2TKI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*