Jateng Today
INNALILLAHI! 9 TKI Indonesia Tewas Kecelakaan di Malaysia, Inilah Nama dan Asal Daerahnya

INNALILLAHI! 9 TKI Indonesia Tewas Kecelakaan di Malaysia, Inilah Nama dan Asal Daerahnya

JATENGSATU.COM – Innalillahi wa Inna Ilaihi Rojiun, kabar duka dari para pahlawan devisa Indonesia di Penang Malaysia.

Dua bus yang mengangkut kira-kira 40 orang itu, terlibat tabrakan di jalan tol Juruhala Utara Penang, Malaysia, Selasa (24/10/2017). Delapan orang WNI yang menjadi TKI di Malaysia meninggal dunia. Enam orang meninggal di lokasi kejadian dan dua orang meninggal di rumah sakit terdekat. Sedangkan belasan orang mengalami luka-luka.

Kecelakaan yang melibatkan dua bus karyawan milik pabrik Plexus dan Sony

Iwanshah Wibisono, perwakilan KJRI di Pulau Penang mengatakan empat korban yang sudah teridentifikasi bernama Resni Temangger, Yeni, Serlia, dan Kris Pratiwi. Mereka adalah TKW yang bekerja di perusahaan tersebut. Tabrakan maut dua bus terjadi di Km 147 Lebuhraya Utara Selatan (PLUS).

Identitas korban didata dan didasarkan pada paspor mereka. Semua korban adalah perempuan. Dalam video di youtube tampak korban bergelimpangan di jalan tol.

KJRI di Pulau Pinang sudah menghubungi keluarga korban. Biaya pemulangan dan pengurusan jenazah ditanggung pihak perusahaan.

Kecelakaan itu bermula ketika bus yang mengangkut puluhan karyawan melintas di jalan tol di Lebuhraya Utara, Selasa pagi.

Seorang korban selamat mengatakan, saat bus melaju hampir semua pekerja (TKW) tertidur karena memang waktu masih pagi. Mereka tersadar begitu mendengar suara keras dan terjadi benturan tabrakan itu.

Beberapa orang terluka dan meninggal dunia. Mereka tersadar sudah berada di Hospital Seberang Jaya. Tercatat ada 8 orang meninggal dan 33 orang mengalami luka-luka.

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu Lalu Muhammad Iqbal lewat keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa (24/10/2017) malam mengatakan bahwa kecelakaan tersebut melibatkan bus karyawan pabrik Sony dan bus karyawan pabrik Plexus pada Selasa (24/10) sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Mayoritas karyawan yang menumpangi bus tersebut adalah karyawati yang berasal dari Indonesia dan Nepal.

“Hingga sore ini diperoleh laporan adanya delapan korban meninggal, satu warga Malaysia, 7 WNI, serta 26 korban luka-luka,” kata Iqbal.

Setelah mendengar kabar kecelakaan tersebut, Satgas Perlindungan WNI KJRI Penang langsung mencari informasi tentang kondisi korban yang tersebar di tiga rumah sakit terdekat, yaitu RS Seberang Jaya, RS Sungai Bakap, dan RD Bukit Mertajam.

Tujuh WNI yang meninggal dunia saat ini dikumpulkan di RS Seberang Jaya.

Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Penang Neni Kurniati mengatakan bahwa setelah mengetahui identitas korban meninggal, KJRI Penang langsung menghubungi keluarga dan kerabat terdekat korban yang ada di Malaysia untuk melakukan identifikasi visual.

Tujuh WNI yang meninggal tersebut berasal dari Sumatera Utara (3), Aceh (2), Jawa Tengah (1), dan Jawa Timur (1).

Belum dapat dipastikan kapan dan di mana jenazah akan dimakamkan karena masih menunggu visum dan permintaan keluarga. Sementara itu, WNI yang menderita luka-luka masih mendapatkan perawatan di rumah sakit setempat.

Sumber: Tribun Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*