Jateng Today
Truk Terguling, Semen Berhamburan di Jalan Raya Yogyakarta-Purworejo

Truk Terguling, Semen Berhamburan di Jalan Raya Yogyakarta-Purworejo

JATENGSATU.COM —  Sebuah truk pengangkut semen terguling di  jalan raya Jogja-Purworejo, tepatnya di simpang tiga Dusun Dalangan, Triharjo, Wates, Senin (23/10/2017).

Truk yang dikemudikan oleh Sunardi (53) warga Banyumas, Jawa Tengah oleng melintang di bahu jalan. Kejadian tersebut bermula ketika Sunardi yang mengendarai truk dengan nomor polisi B 9139 TYX yang tengah mengangkut semen seberat 32 ton dari Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah hendak menuju Solo, Jawa Tengah.

“Setibanya di lokasi kejadian yang menikung, truk yang melaju dari arah barat menabrak pembatas jalan di sisi kanan. Kemudian sopir berusaha membanting setir tetapi justru truk oleng dan terbalik,” ungkap Kasat Lantas Polres Kulonprogo AKP Maryanto, SH.

Diduga, kecelakaan tersebut terjadi akibat sang sopir mencoba menghilangkan rasa kantuk yang hinggap dengan cara menyalakan tape recorder. Di saat sopir membungkuk untuk menyalakan tape recorder, kendali dari truk tak bisa dikuasai oleh sopir sehingga truk oleng.

“Tadi saya memang mengantuk. Kemudian saya membungkuk untuk menyalakan tape recorder untuk menghilangkan rasa kantuk. Baru dua kali ini lewat jalan ini, jalannya memang menikung dan saya kurang terbiasa,” ujar Sunardi.

Beruntung dalam kejadian ini tak mengakibatkan korban jiwa. Namun ratusan sak semen yang diangkut oleh truk tersebut ikut berhamburan hingga memperlama proses evakuasi yang berlangsung selama hampir 6 jam.

Kini, meskipun bangkai truk nahas tersebut sudah berhasil dievakuasi, namun anggota Sat Lantas Polres Kulonprogo belum bisa memindahkan truk tersebut lantaran mesin mati. Untuk menghindari kepadatan dan penumpukan kendaraan, anggota Sat Lantas Polres Kulonprogo turun tangan mengalihkan arus kendaraan.

Sumber: Humas Polres Kulonprogo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*