Jateng Today
Candi Plaosan dan Permaisuri Rakai Pikatan bernama Pramodawardhani.
Foto oleh @354_photograph

Candi Plaosan dan Permaisuri Rakai Pikatan bernama Pramodawardhani.

Foto oleh @354_photograph

#infojatengterkini #infokecelakaanterkini #jatengterkini #jatengupdate #jatengterdepan #jawatengoke #jawatengahterkini #infojawatengahterkini

Candi Plaosan seperti yang tertulis dalam Prasasti Wantil, merupakan candi yang dibuat untuk permaisuri Rakai Pikatan bernama Pramodawardhani.

Pramodawardhani adalah putri dari Samaratungga, raja Kerajaan Medang berwangsa Syailendra, wangsa yang membangun Candi Borobudur.

Maka Pramodawardhani menganut agama Budha Mahayana,sedangkan Rakai Pikatan yang berasal dari wangsa Sanjaya,merupakan wangsa yang membangun Candi Prambanan, adalah penganut agama Hindu Siwa.

Pramodawardhani memang bukan merupakan istri Rakai Pikatan satu – satunya. Tetapi cintanya yang tak memandang agama yang dianut permaisurinya membuatnya membangun candi yang juga merupakan tanda persatuan dua wangsa penguasa Kerajaan Medang.

Mitos mengatakan bila pengunjung datang bersama pasangan ke candi ini, maka hubungan percintaanya akan langgeng, semakin tumbuh dan bersemi. Berbeda dengan mitos Candi Prambanan, yang tak terlalu jauh dari kompleks candi ini, yang mengatakan sebaliknya.

Sumber:

Foto oleh @354_photograph

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*