Jateng Today
Rifda Rizkyadira Ardhityaputri Siswi SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang Raih Emas HKIMO

Rifda Rizkyadira Ardhityaputri Siswi SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang Raih Emas HKIMO

JATENGSATU.COM — Prestasi membanggakan dari siswa SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang di ajang kompetisi Matematika Internasional .

Rifda Rizkyadira Ardhityaputri, murid kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 23 Kalibanteng Semarang berhasil meraih medali emas (gold award) pada lomba Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) Heat Round 2018.

HKIMO merupakan olimpiade matematika internasional yang diselenggarakan oleh Hong Kong Mathematical Olympiad Team.

HKIMO diikuti oleh berbagai Negara di dunia di antaranya Kazakhstan, Ukraina, Vietnam, Myanmar, Iran, Thailand, Indonesia, Bulgaria, China, Singapore, Hong Kong, Filipina, Malaysia serta Kyrgyzstan.

Babak Heat Round dilaksanakan di masing-masing Negara peserta termasuk di Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah pada 12 Mei 2018 lalu.

“Dalam Babak Heat Round, saya dan para peserta HKIMO diberikan waktu 90 menit dan dihadapkan dengan 25 butir soal matematika yang terbagi dalam beberapa kategori meliputi soal logika berfikir, aritmetika/aljabar, teori bilangan, geometri, serta kombinatorik,”ujar Rifda, Rabu (12/9).

Kompetisi HKIMO membagi peserta ke dalam beberapa level di antaranya Kindergarten group, primary level, secondary level, dan senior secondary. Rifda tergabung dalam secondary level bersama dengan 232 peserta lainnya dari berbagai Negara.

“Medali emas yang saya raih merupakan buah dari perjuangan kerasnya serta dukungan dari semua pihak termasuk kedua orang tua serta sekolah. Prestasi ini prestasi yang ke sekian kalinya bagi saya,” ungkap Rifda yang juga dikenal aktif sebagai pengurus OSIS di sekolahnya.

Meskipun begitu, tentunya prestasi ini bukanlah akhir tetapi menjadi penyemangat baginya untuk terus mengukir prestasi.

“Kami turut bangga dengan prestasi anak kami Rifda yang ke sekian kali mampu mewarnai kompetisi matematika level internasional. Pesan kami tentu bagi ananda untuk terus semangat mengukir prestasi dan tentunya tetap rendah hati,”ujar Kepala sekolah, Agus Sugito, S.Pd, usai penyerahan medali dan sertifikat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*