Jateng Today
Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Undip Gelar The 3rd ICCME

Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Undip Gelar The 3rd ICCME

JATENGSATU.COM —¬†Fakultas Teknik Undip mengadakan Konferensi Internasional atau The 3rd ICCME (International Conference on Chemical and Material Engineering 2018) di Hotel Grand Candi pada Rabu (19/9/2018).

ICCME merupakan satu di antara kegiatan untuk memperingati Dies Natalis Undip ke 60 tahun 2018.

Dr Abdul Syakur, Ketua Panitia Dies Natalis ke 60 Fakultas Teknik, mengatakan kegiatan Dies Natalis dilaksanakan mulai September hingga November 2018. Beberapa kegiatan selanjutnya yaitu ICITACEE oleh teknik elektro dan teknik komputer, kuliah umum oleh menteri PU, pameran hasil riset dan inovasi oleh dosen dan mahasiswa.

“Kemudian rekor Muri batik in Campus, Engineering Festival dan lomba foto dengan tema Fakultas Teknik dalam Perspektif Mahasiswa Millenial,”ujarnya di sela-sela pembukaan dies natalis ke 60 di Grand Candi Hotel Rabu (19/9/2018).

Baca: Penukaran Go-Points Go-Jek Didominasi Tukar Makanan

Selanjutnya peletakan batu pertama pembangunan perumahan dan lingkungan layak huni bagi keluarga tidak mampu di Kendal dan acara jalan sehat yang diikuti oleh civitas akademika Fakultas Teknik.

Dekan Fakultas Teknik, Ir. M. Agung Wibowo, MM, M.Sc. Ph.D membuka acara Dies Natalis Fakultas Teknik ke 60 dengan menyelenggarakan acara konferensi internasional The 3rd International Conference on Chemical and Material Engineering (ICCME) 2018 di Hotel Grand Candi pada Rabu (19/9/2018).

“Kegiatan ICCME ini merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Kimia UNDIP setiap 2 tahun sekali dan ini merupakan penyelenggaraan ICCME yang ketiga,”ungkapnya saat membuka kegiatan ICCME.

Menurutnya, fakultas teknik mendorong terciptanya suasana akademik yang kondusif agar bisa dilakukan riset dan inovasi yang bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Salah satu kegiatan untuk mendorong terciptanya suasana akademik yang kondusif yaitu adanya kegiatan konferensi internasional.

“Tujuan diselenggarakan ICCME untuk menjadi media bagi para peneliti, kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan kalangan industri dalam menyebarluaskan hasil penelitian dan mendiskusikan kajian mereka,”bebernya.

Pihaknya berharap dapat menjembatani perguruan tinggi dan lembaga penelitian dengan kalangan industri sehingga terbina kerjasama yang sinergis dan saling menguntungkan khususnya dalam percepatan aplikasi dan alih teknologi.

“Fakultas Teknik Undip saat ini telah berhasil mengembangkan dan menciptakan peralatan yang terbukti bisa digunakan untuk keperluan masyarakat, seperti alat penjernih air untuk konsumsi perhotelan, tangan bionik, biomasa untuk energi dan makanan, serta alat pengering untuk kebutuhan industri,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia ICCME 2018, Dyah Hesti Wardhani, ST. MT. Ph.D mengatakan penyelenggaraan ICCME tahun ini mengangkat tema Applications of Chemical and Material Engineering for Sustainable Food, Energy and Environment.

“Ada tiga pembicara utama yang diundang di acara tersebut yaitu Prof. Dr. Istadi ST, MT (Universitas Diponegoro), Prof. Hong-Wei Yen (Tunghay University, Taiwan) dan Prof. A.L Ahmad (Universiti Sains Malaysia, Malaysia),”tuturnya.

Dia bercerita, dari 120 makalah yang masuk, hanya 97 makalah yang diterima dan akan di presentasikan dalam ICCME ini.

Selanjutnya, makalah diseleksi lagi untuk diterbitkan di jurnal terindeks Scopus yaitu Bulletin of Chemical Reaction Engineering and Catalysis (BCREC), Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering) serta IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (MSE).

Fakultas Teknik Undip saat ini genap berusia 60 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Fakultas Teknik Undip telah berkembang pesat menjadi Fakultas terkemuka di Indonesia, bahkan di tingkat dunia.

Pada awal pendiriannya pada 1958 hanya terdapat 1 jurusan yang dibuka yaitu Teknik Sipil dan saat ini, Fakultas Teknik telah memiliki 12 Jurusan atau Departemen dengan 24 program studi. Jumlah guru besar Fakultas Teknik juga meningkat pesat mencapai 24 orang.

Berbagai prestasi diraih oleh dosen, tenaga kependidikan (Tendik) dan mahasiswa. Mahasiswa Fakultas Teknik telah menyumbangkan emas pada acara bergengsi yaitu PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional) dan mengantarkan Undip pada peringkat 3 Nasional pada tahun 2018. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*