Jateng Today
Bus Rombongan Pramuka SMAN 3 Kota Semarang Terguling di Gondang Limbangan Kendal Jateng

Bus Rombongan Pramuka SMAN 3 Kota Semarang Terguling di Gondang Limbangan Kendal Jateng

JATENGSATU.COM — Rombongan bus pramuka SMAN 3 Kota Semarang kecelakan dan terguling di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (26/10/2018) pukul 15.30 WIB.

Bus diduga karena tidak kuat menanjak sehingga oleng ke sebelah kiri dan menutupi sebagian badan jalan. Beruntung akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Saksi mata, Angga Ayiz, warga Gondang, mengatakan kaca depan bus itu pecah setelah terguling. Para siswa yang berada di dalamnya langsung berhamburan keluar.

“Tidak ada yang menjadi korban. Hanya beberapa siswa lecet-lecet,” jelasnya.

Menurutnya, kalau bus tersebut bertujuan ke bumi perkemahan Bantir seharusnya tidak melewati jalur itu.

Jalur yang dilewati berupa tanjakan curam dan tikungan. Jika dari Semarang menuju Sumowono, hendaknya melewati jalur Ungaran-Bandungan, bukan menempuh jalur Boja- Limbangan.

Supriyadi, Sopir bus mengaku bus yang dikendarainya tidak kuat menanjak. Hal tersebut yang membuat bus tergelincir dan akhirnya bus terguling.

Supriyadi mengatakan saat bertolak dari sekolah menuju perkemahan ada 14 bus yang mengangkut siswa SMAN 3 Semarang.

Namun, dia dan dua sopir bus lainnya lebih memilih berpisah dari rombongan untuk melintasi jalur Boja – Limbangan sebagai jalur alternatif.

Alasannya jalur tersebut lebih cepat. Padahal jalur tersebut lebih banyak tanjakan curam dan tikungan tajam.

Kasatlantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno mengatakan bahwa dalam kejadian tidak ada sama sekali korban jiwanya. “Korban nihil. Anak pak Ganjar Pranowo pun tidak apa-apa karena beda bus,” pungkasnya.

Tujuan rombongan pramuka itu berkemah di Bantir, Sumowono, Kabupaten Semarang. Jadwal kemah itu mulai tanggal 26-28 Oktober 2018. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*