Jateng Today
Hari Ini Jalan Tol Batang-Semarang Diresmikan Presiden Jokowi

Hari Ini Jalan Tol Batang-Semarang Diresmikan Presiden Jokowi

Diresmikannya Jalur Tol Pemalang-Batang Diharapkan Sebagai Pemecah Kemacetan di Jalur Pantura

Diresmikannya Jalur Tol Pemalang-Batang Diharapkan Sebagai Pemecah Kemacetan di Jalur Pantura
Jembatan Kali Kuto yang akan dijadikan tempat peresmian Jalan Tol Pemalang-Batang, Kamis (20/12/2018).

JATENGSATU.COM, BATANG – Jembatan Kalikuto sebagai penghubung jalur Tol Pemalang-Batang, dan memiliki panjang sekitar 160 meter dan memiliki 192 pondasi dan terletak di Gringsing perbatasan Batang dengan Kendal akan dijadikan tempat peresmian Jalan Tol Trans Jawa yang rencana akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi sore ini.

Kondisi jembatan tersebut kini sudah selesai dibangun, dengan jalan full beton dan di jembatan sudah dilapisi aspal.

Terletak di kilometer 383, jembatan yang memakan waktu pengerjaan 793 hari, dengan masa pemeliharaan 365 hari dan uji performa 2 tahun 2 bulan, jembatan yang menghubungkan ruas tol tersebut rencananya bisa dilintasi jelang Natal dan tahun baru mendatang.

Diharapkan dengan dibukanya Tol Pemalang-Batang bisa mengurai kemacetan di Jalur Pantura Batang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Murdiyono menerangkan, informasi yang didapat dari kementerian, jalan tol akan difungsikan tanggal 24 Desember mendatang.

“Sore ini memang akan diresmikan oleh Presiden RI, kalau melihat kondisi jalan tol sudah sangat layak digunakan,” jelasnya kepada Tribunjateng.com di Jembatan Kali Kuto, Kamis (20/12/2018).

Ia menambahkan, terkait pembangunan tol di Kabupaten Batang hanya kurang di exit tol Kandeman.

“Mungkin 99 persen yang dimaksut pemerintah hanya kurang di exit tol kandeman, dan rencananya akhir tahun akan diselesaikan. Walaupun kemacetan terjadi hingga mengular panjang. Kami berharap dengan dibukanya tol bisa memecah Jalur Pantura terutama di Kabupaten Batang,” imbuhnya.

Tol Salatiga-Kartasura Masih Gratis!

Ruas Tol Salatiga-Kartasura Diresmikan, Siap Beroperasi Mulai Besok, Masih Gratis!

Tol ruas Salatiga-Kartasura rencananya diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12/2018) ini. Peresmian dilakukan di Jembatan Kali Kuto, Kendal, bersama ruas tol Trans Jawa lainnya.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) David Wijayatno, Kamis siang.

David menilai proyek tol ruas Semarang – Solo segmen Salatiga – Kartasura sepanjang 32 kilometer sudah 100 persen.

Maka tol siap untuk diresmikan hari ini oleh Presiden Jokowi dan dioperasikan besok.

“Jadi sertifikat laik operasi dan laik uji sudah keluar. Siang ini akan diresmikan Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.

Disinggung terkait teknis pengerjaan tol ruas Salatiga-Kartasura, menurutnya membutuhkan waktu kurang lebih 24 bulan. Untuk fasilitas penunjang di tol tersebut sedang pihaknya bangun.

Hal itu sebagai fasilitas penunjang kebutuhan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

“Mulai besok pukul 6 pagi segmen Salatiga-Kartasura dibuka gratis untuk umum hingga tahun baru,” katanya.

Untuk fasilitas yang saat ini ada, menurutnya di antaranya 4 rest area. Tetapi saat ini baru ada 2 rest area yang dioperasikan.

“Sementara yang kita siapkan ada dua rest area tipe B. Ada toilet, musala, warung, kios BBM dan lainnya,” katanya.

Kedua rest area tersebut, lanjut David terletak di kilometer 482 dan di kilometer 470, atau ruas antara Boyolali hingga Kartasura.

Jokowi dan Iriana Naik Bus Jajal Trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang

Jokowi dan Iriana Naik Bus Jajal Trans Jawa dari Surabaya hingga Semarang
Istimewa
 Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12/2018) pagi, meresmikan empat ruas jalan tol di Jawa Timur dan tiga ruas jalan tol di Jawa Tengah.Sebelum meresmikannya, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi menjajal jalur tol Trans Jawa itu terlebih dahulu dengan menggunakan bus Damri.

Bertolak dari hotel tempat menginap di Surabaya pukul 07.45 WIB, Presiden Jokowi tampak didampingi sejumlah pejabat, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo dan Gubernur Jawa Timur Soekarw0.

Di dalam bus yang ditumpangi Presiden juga hadir kelompok Milenial BUMN dan Youtubers, Bayu Skak.

Dari Surabaya, Presiden dan rombongan akan masuk ke tol Mojokerto sejauh 36,27 kilometer.

Selanjutnya, mengarah ke Jombang sejauh 40,5 kilometer. Dari sana, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan memasuki jalan tol Kertosono-Ngawi dengan jarak tempuh 117,40 kilometer.

Selanjutnya, Presiden dan rombongan mengarah ke Solo dengan jarak tempuh 90,43 kilometer. Terakhir, rombongan akan menjajal ruas tol Solo-Semarang sejauh 72,64 kilometer.

Melalui akun Twitter-nya, Seskab Pramono Anung mengatakan, dengan peresmian serangkaian ruas tol Trans Jawa ini, maka pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla mencetak sejarah baru transportasi di Indonesia.

“Dengan demikian, Trans Jawa dari Merak-Surabaya hari ini tanggal 20 Desember telah selesai. Sejarah baru transportasi telah tercapai, biaya transportasi menjadi lebih murah,” tulis Pramono (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*