Jateng Today
Undip Pakai Konsep Kuliah Online Mulai Tahun Depan
um.undip.ac.id

Undip Pakai Konsep Kuliah Online Mulai Tahun Depan

Jateng Satu – Rektor Prof Yos Johan Utama mengaku saat ini Universitas Diponegoro telah mengejar konsep kuliah online atau daring. Kuliah daring ditargetkan dilakukan secara terstruktur mulai tahun depan.

“Kuliah secara online sedang kami siapkan, dan saat ini sudah mulai dicoba,” jelasnya saat ditemui di kampus Undip Tembalang, Semarang, Senin (21/10/2019).

Menurutnya ada beberapa sisi positif dalam kuliah secara daring. Misalnya dosen dan mahasiswa tak perlu datang ke ruang kuliah untuk melakukan kegiatan perkuliahan.

“Dosen bisa tapping, dan langsung online. Atau kemudian mereka bisa di rumah, video materi jalan 10-20 menit, lalu tanya jawab via online,” jelasnya.

Saat ini pengujicobaan secara terbatas, jelas Prof Yos, sudah dilajukan di tiap-tiap fakultas.

“Sementara belum banyak-banyak dulu. Artinya masih di beberapa kelas yang memungkinkan, kita lakukan,” ujarnya.

Meski begitu menurutnya penerapan kuliah secara daring tak akan dilakukan 100 persen. Karena ia berpendapat tatap muka antar mahasiswa atau dosen dan mahasiswa tetap penting dilakukan.

“Jangan sampai tidak ada sosialisasi di antara mahasiswa. Bertemunya dosen ke mahasiswa juga penting lho.”

“Karena ada proses sosialisasi. Mungkin kita mix kuliah online dan offline,” imbuh Yos.

Menurutnya beberapa fakultas yang siap untuk menerapkan kuliah secara daring saat ini ialah Fakultas Teknik Undip dan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip.

“Minimal dua kelas dulu diujicobakan,” jelasnya.

Hal positif lainnya yang menurut Prof Yos bisa digapai terkait kuliah daring di Undip ialah dapat mengurai kemacetan yang terjadi di jalanan sekitar Tembalang Semarang. Yos menilai daerah Tembalang sangat macet terutama pada saat pagi dan sore hari.

“Dengan kuliah online kan juga bisa membuat jalanan lebih lengang. Saat bulan puasa kemarin luar biasa macetnya di Tembalang,” ujar dia.

“Kalau mau lewat jalur streaming, kami juga telah terhubung ke 36-40 universitas. Jadi tidak hanya dinikmati mahasiswa undip tapi juga mahasiswa lain,” jelasnya.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Prof. Agung Wibowo menambahkan untuk menunjang mahasiswanya dapat mengakses kuliah secara daring pihaknya menambahkan beberapa sarana penunjang. Di antaranya smart classroom atau ruang pintar.

“Kami sudah ada smart classroom untuk itu. Jadi mahasiswa bisa mengakses materi perkuliahan saat dosen yang seharusnya mengajar sedang berhalangan hadir,” jelasnya. (*)

jateng info, jateng satu, jateng today, universitas diponegoro, Rektor Prof Yos Johan Utama, konsep kuliah online, Kuliah daring