Wednesday , 12 June 2024
Jateng Today
ANDA HARUS TAHU : Ini Batas Kecepatan Maksimal Berkendara di Jalan Tol Terkini 2022

ANDA HARUS TAHU : Ini Batas Kecepatan Maksimal Berkendara di Jalan Tol Terkini 2022

JATENGSATU.COM — Bagi Anda yang seringkali melewati jalan tol harus perhatikan hal ini. Apalagi Anda yang memiliki mobil besar yang biasa zig-zag dengan kecepatan tinggi di jalan tol.

Kini akan ada batas kecepatan yang harus dipatuhi oleh semua pengendara untuk menjaga keamanan dan keselamatan saat melaju di jalan tol.

Kini yang biasa melalukan kecepatan semaunya di jalan tol tentu bisa ditilang. Apalagi kepolisian saat ini telah memberlakukan tilang elektronik di jalan bebas hambatan.

Mengutip laman Badan Pengatur Jalan Tol, di dalam Peraturan kecepatan di jalan tol diatur pada peraturan pemerintah no 79 tahun 2013 tentang jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4.

Aturan tersebut diperkuat dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4, disebutkan bahwa batas kecepatan di jalan tol, yaitu antara 60-100 kpj, sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang.

Dalam aturan tersebut tertulis bahwa batas kecepatan di jalan bebas hambatan atau tol paling rendah 60 kpj sampai tertinggi 100 kpj.

Untuk berkendara di tol dalam kota kecepatan minimal berkendara (60 kpj), maksimal berkendara yaitu (80 kpj). Kemudian untuk berkendara di tol luar kota yakni minimal (60 kpj) dan maksimal (100 kpj).

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, batas kecepatan di jalan tol menyesuaikan dengan letak geografis dan mempertimbangkan banyak hal.

Untuk diketahui, jalan tol Jakarta-Cikampek memiliki batas kecepatan maksimal 100 kpj. Sementara batas kecepatan minimalnya 60 kpj. Lain halnya dengan tol layang Jakarta-Cikampek, yang memiliki batas maksimal 60 kpj. Sedangkan kecepatan minimalnya tidak disebutkan.

Jusri juga mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) pasal 23 ayat 4, batas kecepatan di jalan tol, yaitu 60 hingga 100 kpj.

Namun berdasarkan pengamatannya, batas maksimal di jalan tol yang ada di Indonesia mencapai 120 kpj. Sementara untuk batas kecepatan terendah 40 kpj. “Tol dalam kota itu maksimal 80 kpj, pada titik tertentu maksimal 60 kpj. Sementara tol Jagorawi maksimal bisa 100 kpj, tol Cikampek juga 100 kpj, karena jalur antar kota dan memiliki open space yang cukup luas untuk keadaan darurat,” ucap Jusri.

sumber : kompas.com