Friday , 1 March 2024
Jateng Today
Bupati Brebes : Idza Priyanti Istri Polisi yang Sukses Jadi Bupati

Bupati Brebes : Idza Priyanti Istri Polisi yang Sukses Jadi Bupati

TRIBUNJATENG.COM — Inilah sosok istri polisi ini yang sukses menjadi bupati Brebes selama dua periode.

Periode pertama Pilkada Kabupaten Brebes, Jateng dimenangkan tahun 2012, kemudian terpilih kembali di periode kedua dengan masa bakti 2017 – 2022.

Istri dari Kompol Drs H Warsidin, MH mengaku dirinya banyak menyempatkan waktu untuk terjun langsung bertemu warga. Dengan blusukan dia tahu betul persoalan warga, kebutuhannya dan berusaha mencari solusi terbaiknya.

“Syukur alhamdulillah masyarakat masih memberikan kepercayaan kepada saya dan Pak Narjo (Wakil Bupati Brebes) untuk kembali memimpin Kabupaten Brebes.

Saya berpikir mengenai program-program yang kira-kira memang dibutuhkan masyarakat, hingga manfaatnyapun dapat merasakan secara langsung.

Tidak ada strategi khusus, saya hanya berusaha hadir di tengah masyarakat dengan menjadikan diri saya benar-benar bagian dari masyarakat,” ujarnya setelah menang dalam Pilkada 2017 lalu.

Ayah Idza berasal dari Desa Randusanga Brebes maka dirinya bertekat akan membangun Brebes untuk bisa maju. Dirinya melihat banyak potensi di Kabupaten Brebes namun pembangunan daerahnya cukup tertinggal dibandingkan daerah-daerah lain.

“Maka saya berpikir, jika saya menjadi orang yang bisa mengambil kebijakan dalam pembangunan, mungkin saya bisa mengkontribusikan pikiran dan tenaga saya untuk mendorong kemajuan Kabupaten Brebes.

Dan alhamdulillah, suami dan anak-anak dan orang tua saya sangat mendukung keinginan saya tersebut, dan pada akhirnya hal itulah yang memberanikan saya maju di Pilkada 2012 lalu,” paparnya.

Berkat dukungan penuh dari suami dan anak-anak rasanya tidak ada kendala dalam membagi waktu. Terlebih saat ini, keempat anaknya sudah kuliah di luar kota.

“Jadi sesekali saya dan suami menyempatkan waktu menengok. Untuk komunikasi sehari-hari kami lakukan lewat telepon maupun Whatsapp group keluarga,” ujarnya.

Masa bhakti di periode kedua ini, ibu empat anak kelahiran Tegal, 9 Januari 1971 ini berharap bisa menuntaskan program-programnya dan mendorong Kabupaten Brebes untuk lebih baik lagi dan lebih maju lagi.

Biodata Lengkap

Nama : Idza Priyanti
Jabatan Bupati Brebes Periode II (2017–2022)
Bupati Brebes ke-30
Mulai menjabat 4 Desember 2012
Lahir 9 Januari 1971 (umur 49)
Pesurungan Kulon Kota Tegal, Jawa Tengah, Indonesia
Partai politik PDI-P
Nama Suami : Kompol Warsidin

Anak
Raihan Raka
Elshanti Nabihah Salma
Elshinta Nafita Salma
Moh. Rafi Danendra

Almamater
STIE Kerjasama Yogyakarta
Universitas Pancasakti

Karir Politik

Idza yang diusung oleh PDI-P pada pemilihan bupati dan menggantikan H Agung Widiyantoro, S.H., M.Si. pejabat sebelumnya (Mei 2011-3 Desember 2012) yang dilantik berdasarkan penunjukkan oleh Gubernur Jawa Tengah sebagai pelaksana tugas Bupati, karena Bupati Brebes yang sedang menjabat Indra Kusuma dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait skandal pembelian tanah.

Saat itu, Idza terpilih sebagai Wakil Bupati (Wabup) Brebes sisa masa jabatan periode 2007 – 2012, dalam rapat Paripurna DPRD Brebes pada 25 Agustus 2011. Idza Priyanti dilantik bersama pasangannya, Narjo sebagai Wakil Bupati Brebes pada 4 Desember 2012 oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

Pada Pilkada Brebes 2017, pasangan ini terpilih kembali untuk periode kedua.  Pasangan “Ijo” meraih 452.120 suara atau 51,85 persen dalam penghitungan manual KPU setempat, seperti yang dinyatakan oleh Ketua KPU Brebes, Masykuri, dalam rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih mengenai hasil rekapitulasi perolehan suara secara manual.[8] Sementara pasangan “Taat” hanya mengantongi 419.912 suara atau 48,15 persen.Dari rekapitulasi manual itu diketahui juga jumlah suara tidak sah sebanyak 21.455 suara atau 2,4 persen.

Idza Priyanti adalah putri pasangan dari pasangan Ayah, H. Ismail dan Ibu, Hj. Rukhayah merupakan anak ketiga dari enam bersaudara. Kakaknya, Ikmal Jaya, merupakan Wali kota Tegal menjabat (periode 2009 – 2013).

Sebelum menjadi Bupati, Idza menjadi Wakil Bupati Brebes, dan juga Direktur PO Dewi Sri milik orang tuanya.PO Dewi Sri adalah perusahaan angkutan terbesar di Kota Tegal yang sebelumnya jabatan Direktur Utama dipegang oleh Kakaknya, Ikmal Jaya, sebelum menjabat sebagai Wali Kota Tegal.

Pendidikan

SMA PGRI Kota Tegal

D-III STIE Kerja sama Yogyakarta

Manajemen Ekonomi (S-1) Universitas Pancasakti UPS Tegal pada tahun 2012

Bupati
Banjarnegara: Budhi SarwonoBanyumas: Achmad HuseinBatang: WihajiBlora: Djoko NugrohoBoyolali: Seno SamodroBrebes: Idza PriyantiCilacap: Tatto Suwarto PamujiDemak: HM. NatsirGrobogan: Sri SumarniJepara: Dian KristiandiKaranganyar: JuliyatmonoKebumen: Yazid MahfudzKendal: Mirna AnnisaKlaten: Sri MulyaniKudus: Hartopo(Plt.)Magelang: Zaenal ArifinPati: HaryantoPekalongan: Asip KholbihiPemalang: JunaediPurbalingga: Dyah Hayuning PratiwiPurworejo: Agus BastianRembang: Abdul HafidzSemarang: Mundjirin ESSragen: Kusdinar Untung Yuni SukowatiSukoharjo: Wardoyo WijayaTegal: Umi AzizahTemanggung: Muhammad Al KhadziqWonogiri: Joko Sutopo, Wonosobo: Eko Purnomo

Wali Kota
Magelang: Sigit WidyoninditoPekalongan: Saelany MachfudzSalatiga: YuliantoSemarang: Hendrar PrihadiSurakarta: F.X. Hadi RudyatmoTegal: Dedy Yon Supriyono