Jateng Today
Saksikan Festival Jamu dan Kuliner 2019 di Lapangan eks Batalyon 405 Cilacap

Saksikan Festival Jamu dan Kuliner 2019 di Lapangan eks Batalyon 405 Cilacap

JATENGSATU.COM – Festival Jamu dan Kuliner 2019 di Lapangan eks Batalyon 405, Kabupaten Cilacap, akan digelar mulai Jumat (27/9/2019) sampai Minggu (29/9/2019) ini.

Tak hanya minuman jamu tradisional, beragam produk olahan jamu juga dijual di tempat itu.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi menyampaikan, banyak inovasi jamu yang bisa diperoleh di Festival Jamu dan Kuliner.

Mulai dari kemasannya yang menarik, hingga beragam produk olahannya yang bakal disukai anak-anak. Misalnya, aneka permen dan es krim.

“Ini sesuai dengan tema kali ini, Jamu Goes to Millenial,” ujar Sinoeng.

Ditambahkan, Jawa Tengah memang terkenal dengan potensi jamunya. Termasuk, di Kabupaten Cilacap yang menjadi tempat penyelenggaraan Festival Jamu.

Melalui ajang tersebut diharapkan menjadi langkah konkret untuk merawat dan memperkuat persepsi masyarakat tentang manfaat jamu untuk kesehatan.

Dalam festival jamu kali ini juga dibarengi dengan festival kuliner dari kabupaten/ kota se-Jateng

Sinoeng mengatakan, sejumlah kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan festival tersebut.

Antara lain, Jamu Goes to School di SMKN 1 Cilacap dan Stikes Al Irsyad (27/9/2019), serta di SDN Petungan dan SMPN 8 Cilacap (28/9/2019).
Bagi para vloger, ada Lomba Vlog yang diselenggarakan 27-28 September.

Pergelaran Kesenian (27-29 September), yang dimulai dari SMAN 5 Cilacap

Penampilan Tek-Tek dan diramaikan juga dari Sanggar Giyan Laksinta, Sanggar Rama Shinta, Parade Jamu Gendong, dan Parade Empon-Empon. Kegiatan lainnya, Coaching Clinic Culinary, Bincang Asik Jamu di era Digital pada 28 September.

“Hari Minggu (29/9/2019), ikuti Senam Sehat dan Deklarasi Jamu dengan doorprize menarik. Yang heboh lagi, bagi sobat ambyar, silakan datang. Didi Kempot alias The Godfather of Broken Heart akan ambyar bersama pada 28 September, dan besoknya, 29 September, akan ada penampilan menarik dari Pecas Ndahe,” tandasnya. (Diskominfo Jateng)