Jateng Today
DETIK-DETIK Penyelamatan 5 Korban Terjebak Lift Gedung Rabbani

DETIK-DETIK Penyelamatan 5 Korban Terjebak Lift Gedung Rabbani

JATENGsatu.COM — Petugas Damkar DKI Sudin Gulkarmat Jakarta Timur berhasil mengevakuasi 5 korban terjebak di dalam lift Gedung Rabbani Jl. Pemuda No. 1a RT 8/4 Kel. Rawamangun, Kec. Pulogadung Jakarta Timur (9/10/2021).

Petugas Damkar DKI berhasil mengevakuasi 5 korban diantaranya (AP) usia 28 Thn, (RA) usia 27 Thn, (I) usia 38 Thn, (F) anak usia 10 Thn dan (A) Balita usia 4 Bln.

Menurut informasi kronologinya Lift berhenti di antara Lt. 1 dan 2 lalu mati listrik dan lift berhenti.

Petugas Damkar DKI terima laporan pkl. 17.35 lalu langsung menuju ke TKP untuk melakukan evakuasi.

Evakuasi dimulai pkl. 17.48 dan petugas berhasil mengeluarkan semua korban sampai dengan penanganan selesai pkl. 18.02.

Danton Grup A Pemadam Kebakaran Kecamatan Pulogadung, Sutrisno mengatakan kejadian tersebut dilaporkan pukul 17.35 WIB oleh pengelola.

“Setelah menerima laporan kita luncurkan satu unit rescue dan satu unit mobil pompa berikut delapan personel ke lokasi,” kata Sutrisno.

Menggunakan perlengkapan evakuasi, delapan personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur bergegas mengevakuasi para korban.

Proses evakuasi sempat terkendala karena posisi lift saat berhenti berada di antara lantai satu dan dua.

Sementara, daya listrik dari genset milik pengelola toko tidak berhasil membuat lift bergerak.

“Kesulitan kita sudah menggunakan kunci master sebenarnya, tapi kuncinya juga trouble.”

“Akhirnya kita berdiskusi dengan pengelolaan gedung untuk membuka paksa pintunya,” ujarnya.

Kelima korban akhirnya berhasil dievakuasi setelah pintu lift dibuka paksa menggunakan perlengkapan evakuasi dimiliki jajaran Damkar Jakarta Timur.

Meski kelima korban terjebak dalam lift sekitar 20 menit, Sutrisno memastikan mereka dalam kondisi baik-baik saja saat dievakuasi dari keluar dari bagian atap lift lalu keluar di lantai duka toko.

“Kondisi yang terjebak saat dievakuasi dalam keadaan baik-baik saja. Kita, teman-teman di lapangan juga berupaya menenangkan korban saat proses evakuasi berlangsung,” tuturnya.

Damkar Minta Pengelola Gedung Lakukan Perawatan Rutin

Jajaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengimbau pengelola gedung melakukan perawatan rutin terhadap operasional lift.

Ini disampaikan Danton Grup A Pemadam Sektor Pulogadung, Sutrisno usai mengevakuasi lima pengunjung toko Rabbani di Kelurahan Rawamangun, Jaktim, yang terjebak di lift pada Sabtu (9/10/2021) sore.

“Untuk pengelola gedung agar melakukan perawatan secara periodik. Baik itu liftnya sendiri, kan lift ada banyak komponen. Ada kabinnya, rantai, penggerak motornya,” kata Sutrisno di lokasi.

Perawatan rutin meliputi genset, agar saat terjadi mati lampu lift yang sedang beroperasi tidak mati dalam waktu lama karena mendapat daya listrik dari genset.

Dia mencontohkan kasus lima pengunjung toko Rabbani yang satu di antaranya bayi berusia 4 bulan terjebak di lift sekira pukul 17.35 WIB, lift berhenti di antara lantai satu dan dua akibat mati lampu.

“Tadi itu ada power cadangan dari genset. Informasi dari engineering (pengelola toko Rabani) sempat dirunning, hidup. Tapi langsung turun lagi, berarti kemungkinan ada masalah, kemungkinan ya,” ujarnya.

Sutrisno menuturkan kelima pengunjung yang terdiri dari tiga orang dewasa, satu anak 10 tahun, dan satu bayi terjebak dalam lift toko Rabani sekitar 20 menit hingga dievakuasi pukul 18.02 WIB.

Evakuasi dilakukan dengan cara menarik kabin lift secara manual hingga ke lantai dua, setelahnya pintu lift dibuka paksa menggunakan perkakas evakuasi milik jajaran Damkar Jakarta Timur.

“Kondisinya semua baik. Saat proses evakuasi saya komunikasi dengan korban saya tanya ada yang sesak nafas atau tidak. Kalau ada yang sesak paling tidak kita akan suplai oksigen ke kabin lift, tapi ternyata tidak,” tuturnya.

Sumber : TribunJakarta.com