Jateng Today
Jateng Siapkan 13 Rumah Sakit dan Second Line Tangani Corona
suara.com

Jateng Siapkan 13 Rumah Sakit dan Second Line Tangani Corona

JATENGSATU.COM, SEMARANG – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan selain 13 rumah sakit yang ditunjuk Pemprov Jateng, ada rumah sakit lain sebagai second line.
Menurutnya, untuk kategori second line, dengan fasilitas tingkat pertama itu puskesmas, klinik, dan sebagainya.
Mereka juga bisa mendeteksi (Covid-19) tetapi tidak bisa merawat. Hal itu karena klinik atau puskesmas itu tidak mempunyai ruang isolasi.
Yulianto menuturkan, tempat-tempat tersebut bisa mendeteksi dan menganalisis, namun mengenai rujukan harus langsung ke firts line, yakni 13 rumah sakit itu.
“Bisa juga ke second line. Nah, second line ini harapan kita langsung saja ke first line,” tuturnya.
Dia menuturkan, harapan rujukan langsung ke rumah sakit first line karena di masing-masing wilayah itu ada.
Pada rumah sakit second line, juga sudah melengkapi fasilitas. Walaupun fasilitas itu harus ditingkatkan. Teman-teman ini sebagian juga mengonversi ruang-ruang yang selama ini untuk perawatan biasa menjadi ruang isolasi. Harapan kami tidak akan pernah terpakai ruang-ruang yang disiapkan itu
Sementara, terkait Penyelidikan Epidemology (PE) atau riwayat kontak, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tatik Murhayati menyampaikan, akan dilakukan ketika mendapatkan kasus yang memang positif.
Kebetulan, sampai saat ini di Jawa Tengah belum memiliki kasus yang positif covid-19. Maka, hal itu (PE-red) belum pernah kami lakukan. Namun, seandainya memang kami mendapatkan kasus positif covid-19, kami akan lakukan penyelidikan epidemology, yakni dengan melakukan penelusuran. (*)