Tuesday , 11 June 2024
Jateng Today
Tutotial Cara Sematkan Embed Tiktok di Wordpres

Tutotial Cara Sematkan Embed Tiktok di Wordpres

JATENGSATU.COM — Berikut ini adalah cara menyematkan video TikTok  di CMS Wordpres adalah sebagai berikut :

Cara hampir mirip dengan menyematkan Youtube tapi Tiktok lebih mudah karena tanpa harus merubah menjadi teks.
Anda bahkan bisa menampilkan feed video TikTok terbaru secara otomatis . Yang terakhir memerlukan bantuan plugin, sedangkan yang pertama dapat dilakukan tanpa plugin.

Menyematkan Video TikTok di WordPress Tanpa Plugin

Cara termudah untuk menyematkan video TikTok ke situs WordPress Anda adalah dengan menyalin URL video dari browser Anda . Cukup kunjungi video TikTok yang dimaksud dan salin URL-nya.

Salinan URL TikTok

Kemudian, buka layar edit halaman atau postingan WordPress Anda dan tempelkan URL video di mana pun Anda inginkan di dalam editor .

Tempel URL TikTok

Setelah Anda melakukan ini, WordPress akan secara otomatis menampilkan pratinjau video di editor itu sendiri.

Video TikTok

Tekan tombol Publikasikan/Perbarui atau simpan halaman/postingan Anda sebagai draf. Kemudian, buka halaman/postingan yang dimaksud untuk melihat tampilan video TikTok Anda secara langsung.

Pratinjau Video TikTok

Cara lain untuk menyematkan video TikTok di halaman atau postingan Anda adalah dengan menggunakan blok TikTok . Untuk melakukan ini, klik ikon (+) di layar pengeditan untuk mengakses daftar blokir, lalu ketik TikTok di kolom pencarian .

Blok Video TikTok

Kemudian, Anda perlu memasukkan blok TikTok ke editor posting Anda, menempelkan URL video, dan tekan tombol Sematkan . Sekali lagi, WordPress akan menampilkan pratinjau video di editor Anda secara otomatis.

URL Blokir Video TikTok

Jika mau, Anda juga bisa memasukkan video TikTok ke sidebar WordPress Anda. Buka Penampilan >> Widget dan temukan widget Teks .

Widget Teks

Selanjutnya, tambahkan ke area sidebar Anda dengan menyeretnya atau dengan memilih area widget yang diinginkan dan mengklik tombol Tambah Widget .

Tambahkan Widget Teks

Sejak saat itu, Anda harus menempelkan URL video tersebut ke area teks. Pratinjau video secara otomatis juga akan ditampilkan di area teks widget.

Tambahkan Widget Teks Simpan

Terakhir, tekan tombol Simpan , dan Anda sudah siap.

Menyematkan Video TikTok Terbaru Anda Dengan Plugin

Meskipun WordPress memungkinkan Anda menyematkan video TikTok dengan mudah, Anda masih perlu menggunakan plugin untuk menampilkan umpan video TikTok terbaru di situs web Anda. Kami akan menunjukkan cara melakukannya menggunakan plugin TikTok yang mudah digunakan yang disebut QuadLayers TikTok Feed .

Umpan TikTok QuadLayers

Setelah menginstal plugin dan mengaktifkannya, Anda harus menuju ke tab TikTok Feed >> Feeds . Kemudian, pilih tombol +Umpan .

Umpan TikTok

Akan muncul popup yang memungkinkan Anda membuat feed video TikTok. Anda dapat memilih untuk menampilkan video baik melalui hashtag atau nama pengguna TikTok Anda .

Hal lain yang dapat Anda pilih adalah apakah Anda ingin menampilkan video dalam gaya Masonry atau Galeri . Masonry memungkinkan Anda menampilkan video dalam mode potret, sementara Galeri akan menampilkannya sebagai thumbnail persegi.

Pengeditan Umpan TikTok

Selain itu, Anda dapat mengatur jumlah video yang ingin ditampilkan, serta jumlah video yang ingin ditampilkan dalam satu baris .

Pengeditan Umpan TikTok

Tab Video memungkinkan Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan kontrol video, mencegah pemutaran otomatis video saat diklik, menambahkan lebih banyak ruang di antara video, dan sebagainya.

Video Pengeditan Umpan TikTok

Di tab Popup , Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan galeri popup saat video diklik (sebaiknya aktifkan karena galeri menampilkan video di halaman yang sama daripada membuka link di luar situs web Anda). Selain itu, Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin menampilkan profil pengguna atau info tag, teks popup video, suka, dan komentar.

Popup Pengeditan Umpan TikTok

Terakhir, di tab Tombol , Anda akan dapat memilih apakah Anda ingin menampilkan tombol yang mengarahkan Anda untuk melihat video TikTok di situs TikTok itu sendiri. Selain itu, Anda dapat mengatur teks tombol TikTok (teks tombol default bertuliskan “Lihat di TikTok”), serta tombol dan latar belakang hover.

Tombol Edit Umpan TikTok

Setelah Anda selesai mengonfigurasi semua pengaturan, pastikan untuk menekan tombol Simpan .

Umpan baru dengan kode pendek akan muncul. Anda dapat melanjutkan dan menyalinnya.
Salinan Umpan TikTok

Pilih halaman atau postingan yang ingin Anda tambahkan kode pendeknya dan tempelkan di dalam editor dengan mengklik ikon (+) dan temukan widget kode pendek.

Blokir Kode Pendek

Setelah Anda memilih widget, Anda dapat menempelkan kode pendek Anda di sana dan mempublikasikan atau menyimpan halaman/postingan yang dimaksud.

Blokir Umpan TikTok Kode Pendek

Anda dapat melanjutkan dan melihat pratinjau halaman/postingan Anda untuk melihat seperti apa tampilan feed TikTok Anda.

Pratinjau Umpan TikTok

Terakhir, Anda juga dapat menyematkan kode pendek yang sama ke area sidebar Anda. Buka Appearance >> Widgets , temukan widget Text , dan tambahkan ke sidebar Anda.

Kemudian, tempelkan kode pendek umpan TikTok ke dalam widget. Tekan tombol Simpan , dan selesai – widget umpan TikTok Anda siap digunakan.

Umpan TikTok Widget Teks

Sumber : Qode Magazine