Jateng Today
Emma Raducanu Bocah Ajaib Juara US Open, Inilah Rekor Fenomenalnya
Emma Raducanu

Emma Raducanu Bocah Ajaib Juara US Open, Inilah Rekor Fenomenalnya

JATENGSATU.COM — Emma Raducanu menjadi sorotan dunia tenis dunia setelah berhasil menjadi juara Amerika Terbuka 2021.

Emma Raducanu, petenis remaja fenomenal asal Inggris ini berhasil menggemparkan turnamen Grand Slam US Open 2021.

Emma Raducanu yang tak menjadi unggulan bahkan harus berjuang dari babak kualifikasi sukses menjadi juara usai mengalahkan Leylah Fernandez pada laga final yang dilangsungkan Minggu (12/9/2021) pagi WIB.

Emma Raducanu yang baru berusia 18 tahun tampil sebagai pemenang US Open 2021 setelah menundukkan petenis remaja lainnya, Leylah Fernandez (19), asal Kanada.

Bertanding di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, Raducanu mampu menaklukkan Fernandez dalam dua set langsung yang berakhir dengan skor 6-4, 6-3.

Tak hanya membawanya menjadi juara US Open 2021, kemenangan tersebut juga membuat Raducanu mengukir catatan bersejarah.

Mengutip TalkSPORT, Emma Raducanu menjadi petenis pertama yang harus merangkak dari babak kualifikasi dan sukses menjadi juara turnamen Grand Slam.

Petenis berdarah China-Romania itu juga menjadi petenis putri Inggris pertama yang mampu menjadi juara Grand Slam setelah kali terakhir Virginia Wade melakukannya pada ajang Wimbledon tahun 1977.

Tak hanya itu saja, Emma Raducanu pun tercatat sebagai petenis termuda yang memenangi gelar Grand Slam setelah Maria Sharapova pada Wimbledon 2004.

Keberhasilan Emma Raducanu menjuarai US Open 2021 memang sangat fenomenal. Harus melangkah dari babak kualifikasi, ia bahkan tak pernah kehilangan satu set pun dalam setiap pertandingan yang ia jalani.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di sini, di New York, yang telah membuat saya seperti berada di rumah sejak pertandingan kualifikasi pertama,” kata Raducanu dalam pidatonya usai laga final.

“Melangkah hingga final, saya senang bermain di hadapan kalian semua dan kalian benar-benar mendukung saya dalam beberapa momen sulit. Saya harap saya dan Leylah menampilkan pertandingan bagus hari ini,” imbuh Raducanu.

Profil Emma Raducanu

Emma Raducanu lahir di Toronto, Kanada, pada 13 November 2002. Ayahnya berasal dari Romania, sementara sang ibu berasal dari China.

Mereka pindah ke Inggris ketika Raducanu masih berusia dua tahun. Darah Romania yang mengalir dalam diri Raducanu membuatnya memiliki kedekatan dengan negara tersebut.

Dilansir dari Essentially Sports, ia sering berkunjung ke Romania untuk bertemu neneknya. Darah Romania juga membuat Raducanu mengidolakan Simona Halep.

Raducanu mulai bermain tenis pada usia lima tahun. Ia bermain tenis di Bromley Tennis Academy dan juga sekolahnya, Newstead Wood School.

Meski menekuni tenis, Raducanu tak melupakan pendidikan yang ia tempuh. Ia dikenal sebagai murid yang pandai dan meraih nilai A pada pelajaran matematika dan ekonomi.

Emma Raducanu melakoni debut Grand Slam pada Juni 2021 di ajang Wimbledon.

Pada turnamen tersebut, Raducanu mampu melangkah hingga putaran keempat. Namun, pada pertandingan menghadapi Ajla Tomljanovic, ia harus mundur pada set kedua karena mengalami kesulitan bernapas.

Pada turnamen Grand Slam berikutnya yakni US Open 2021, Emma Raducanu tampil luar biasa.

Ia sukses melaju hingga final dan mengalahkan Leylah Fernandez yang mampu menyingkirkan para petenis unggulan seperti Aryna Sabalenka (unggulan 2), Naomi Osaka (3), dan Elina Svitolina (5).

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Leylah dan timnya, dia bermain luar biasa dan telah mengalahkan beberapa petenis top dunia,” ujar Raducanu.

Raducanu juga mengatakan bahwa keberhasilan dirinya dan Leylah Fernandez mencapai final US Open 2021 menunjukkan bahwa tenis wanita dunia memiliki masa depan cerah.

“Ini menunjukkan masa depan wanita dan kedalaman permainan yang begitu hebat,” kata dia.
“Setiap pemain dalam undian memiliki kesempatan untuk memenangi turnamen apa pun. Saya berharap generasi berikutnya dapat mengikuti jejak beberapa legenda, misalnya Billie Jean King di sini,” imbuhnya.

“Sangat berarti memiliki Virginia Wade di sini dan juga Tim Henman, ikon tenis Inggris dan bagi saya untuk mengikuti jejak mereka. Itu memberi saya keyakinan bahwa saya bisa melakukannya,” kata Emma Raducanu menegaskan.

Biodata Emma Raducanu

Nama lengkap: Emma Raducanu
Tempat, tanggal lahir: Toronto, 13 November 2002
Usia: 18 tahun
Kewarganegaraan: Inggris
Tinggi badan: 175 cm
Pegangan raket: Kanan
Debut pro: 2018
Ranking saat ini: 150
Rekor Grand Slam: Wimbledon: Babak ke-4 (2021)
US Open: Juara (2021)

Sumber : Kompas.com

Grand Slam, US Open 2021, Emma Raducanu, Profil Emma Raducanu, Emma Raducanu Juara US Open 2021, Biodata Emma Raducanu, emma raducanu, emma raducanu parent, emma raducanu us open, emma raducanu keturunan, emma raducanu ranking, emma raducanu profil, emma raducanu, emma raducanu us open 2021, emma raducanu interview, emma raducanu vs leylah fernandez, emma raducanu wimbledon 2021, emma raducanu final, emma raducanu highlights, emma raducanu tennis, emma raducanu wins us open, emma raducanu medical timeout, emma raducanu us open highlights, emma raducanu parents, emma raducanu practice, emma raducanu semi final