Jateng Today
Ma Huateng, PUBG Mobile, League of Legends Orang Terkaya di China Saat Ini
Ma Huateng

Ma Huateng, PUBG Mobile, League of Legends Orang Terkaya di China Saat Ini

JATENGSATU.COM — Siapakah Ma Huateng orang  Terkaya di China 2021 ini, Konon katanya punya harta hingga Rp920 Triliun. Wow!

Benarkah Ma Huateng  menjadi orang terkaya di China gara-gara PUBG Mobile dan League of Legends?

Nilai kekayaan Ma Huateng mencapai USD63,4 miliar AS atau Rp920 triliun dengan kurs rata-rata Rp14.500.

Dikutip dari Forbes, harga saham Tencent menguat 7 persen di bursa Hong Kong ke level 654 dolar HK. Penguatan harga saham itu membuat kekayaan Ma naik hingga USD4 miliar.

Kenaikan tersebut membuat Ma kembali duduk di posisi puncak orang paling tajir di Negeri Tirai Bambu.

Dia menggeser posisi yang sempat ditempati oleh CEO Nongfu Spring, Zhong Shansan yang kekayaannya saat ini sebesar USD62,9 miliar.

Zhong, raja air kemasan China, mengalami peningkatan harga yang signifikan setelah Nongfu Spring listing di bursa.

Dengan harga IPO 21,5 dolar HK, harga saham perusahaan itu sempat menyentuh rekor pada 8 Januari sebesar 66,6 dolar HK.

Bukan Pertama Kali

CEO Tencent Holdings, Ma Huateng kembali menjadi orang terkaya di China. Nilai kekayaannya mencapai 63,4 miliar dolar AS atau Rp920 triliun dengan kurs rata-rata Rp14.500.

Penguatan harga saham itu membuat kekayaan Ma naik hingga 4 miliar dolar AS. Kenaikan tersebut membuat Ma kembali duduk di posisi puncak orang paling tajir di Negeri Tirai Bambu.
Dengan harga IPO 21,5 dolar HK, harga saham perusahaan itu sempat menyentuh rekor pada 8 Januari sebesar 66,6 dolar HK.

Belakangan, kekayaan Ma atau yang kerap disapa Pony Ma terus menanjak. Dia adalah bos perusahaan raksasa teknologi. Salah satu bisnisnya yaitu WeChat yang memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 miliar.

Selain itu, bisnis miliarder tersebut tersebar mulai dari musik hingga video game.

Dengan latar belakang sebagai engineer, rival Jack Ma tersebut dikenal memiliki kepribadian yang low profile, suatu hal yang bertolak belakang dengan bos Alibaba.

Berkat Game PUBG dan LOL

Tencent adalah perusahaan yang menaungi sejumlah video game online terpopuler di dunia seperti Playerunknown’s Battleground (PUBG) Mobile dan League of Legends (LoL).

Sejak diluncurkan pada 2018, PUBG Mobile telah menciptakan pendapatan US$ 5,1 miliar.

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor kesuksesan PUBG Mobile sepanjang 2020 lalu.

Pada bulan Maret 2020, PUBG Mobile mencatat pendapatan bulanan tertinggi sebesar US$ 300 juta.

Hal ini membuat Tencent memiliki 650 saham di Riot Games, studio yang membuat League of Legends, gim PC paling populer di dunia. Tencent juga memiliki 40% saham Epic Games yang membuat Fortnite.

Selain itu, jejak Tencent juga ada di Clash of Clans melalui kepemilikan 84 persen di Supercell.

Kemudian Tencent juga memiliki 11,5 persen saham di Bluehole, 80 persen di Grinding Gear Games, lalu 5 persen di Ubisoft (seri Assassin’s Creed), dan 5 persen di Activision Blizzard (MMORPG terpopuler dunia World of Warcraft).

Ini karena Saham Tencent naik 7 persen ke angka HK$ 654 (Rp 1,2 juta) per lembar pada perdagangan di Hong Kong, Kamis 1 April 2021. Dengan demikian, aset Ma naik US$ 4 miliar (Rp 58 triliun) menjadi US$ 63,5 miliar.

PUBG Mobile dibuat oleh Lightspeed & Quantum Studio yang dimiliki Tencent.

Game first person shooting battle royale ini berhasil meraup pendapatan US$ 2,7 miliar sepanjang 2020.

Saham Tencent naik 7% ke angka HK$ 654 (Rp 1,2 juta) per lembar pada perdagangan di Hong Kong, Kamis (1/4/2021). Dengan demikian, aset Ma naik US$ 4 miliar (Rp 58 triliun) menjadi US$ 63,5 miliar menurut catatan Forbes Real-Time Billionaires List.

Tencent memiliki 100% saham di Riot Games, studio yang membuat League of Legends, gim PC paling populer di dunia. Tencent juga memiliki 40% saham Epic Games yang membuat Fortnite.

Selain itu, jejak Tencent juga ada di Clash of Clans melalui kepemilikan 84% di Supercell. Tencent juga memiliki 11,5% saham di Bluehole, 80% di Grinding Gear Games, 5% di Ubisoft (seri Assassin’s Creed), dan 5% di Activision Blizzard (MMORPG terpopuler dunia World of Warcraft).

Selain video game, Tencent juga memiliki aplikasi media sosial WeChat yang memiliki 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, itulah yang mengantar Ma Huateng.

Ma Huateng,  Miliarder China, miliarder, tencent, ma huateng, PUBG Mobile, League of Legends, Orang Terkaya di China, Orang Kaya