Jateng Today
Apa Itu Jamasan Anak Rambut Gembel di Dieng Culture Festival
jamasan rambut gimbal Dieng (foto:banjarnegara.go.id)

Apa Itu Jamasan Anak Rambut Gembel di Dieng Culture Festival

JATENGSA TODAY — RAMBUT gimbal di Dieng Banjarnegara identik dengan Dieng Culture Festival (DCF). Biasanya akan dilakukan penjamasan dalam Prosesi Ruwat anak Bajang atau berambut gimbal.

Apa itu jamasan rambut gimbal?

Makna jamas atau jamasan biasanya diartikan membersihkan atau mensucikan dari hal-hal yang kotor.

Dalam perhelatan Festival Dieng, prosesi ini diselenggarakan di kawasan Situs Dharmasala (Situs Darmasala) Dieng yang letaknya berdekatan dengan lokasi acara potong rambut gimbal sekitar Candi Arjuno, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Prosesi Jamasan Rambut Gimbal Dieng dimulai setelah selesai dilakukan acara Kirab Budaya Dieng Festival berakhir.

Kirab Budaya Dieng biasanya dimuali dari kawasan rumah pemangku adat dan berakhir di halaman Pendopo Soeharto Whitlam menuju kawasan Situs Dharmasala untuk melanjutkan Prosesi Cukur Rambut Gimbal.

Pemimpin pemuka adat memulai acara jamasan dengan melantunkan doa di kawasan Sendang Sedayu Situs Dharmasala.

Satu per satu anak atau bocah rambut gimbal yang duduk di pelataran Situs Dharmasala di Jamas oleh ketua ada dan di ikuti tamu undangan.

Dalam prosesi ini mereka di jamas meyakini dengan air suci yang diambil dari sendang.

Rambut anak gimbal secara perlahan-lahan disiram dengan air suci yang telah dipersiapkan secara khusus dan didoakan.

Air yang digunakan untuk menjamas atau memandikan rambut gimbal menggunakan air suci yang berasal dari mata air Tuk Bima Lukar, Tuk Sendang Buana (Kali Bana), Tuk Kencen, Tuk Goa Sumur, Kali Pepek dan Tuk Sibido (Tuk Pitu).

Rambut gimbal yang dipotong dimasukkan ke dalam gentong yang nantinya dilarung ke sungai yang mengalir sampai ke Samudra Hindia. Biasanya tempat yang digunakan untuk pelarungan adalah Telaga Warna. Prosesi larung rambut gimbal merupakan bagian paling akhir ritual pemotongan rambut gimbal.

Biasanya anak yang rambutnya dipotong mengajukan permiantaan kepada orang tuanya sebelum prosesi pemotongan rambut.

Meski kadang permintaan anak-anak yang berambut gimbal sebelum terkadang sulit ditebak. Masing-masing memiliki permintaan berbeda.

Ingin tahu Banjarnegara KLIK BANJARNEGARA TODAY