Jateng Today
Batik Tulis dan Akar sebagai icon menarik Taman Batik Akar Kartini
IG dyah.ayu.rp

Batik Tulis dan Akar sebagai icon menarik Taman Batik Akar Kartini

JATENGSATU.COM — TAMAN Batik Akar Kartini (TBAK) Rembang yang berlokasi di kompleks makam RA Kartini Rembang telah diresmikan oleh Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) bertepatan dengan peringatan wafatnya Raden Ajeng (RA) Kartini

Letak objek wisata rembang baru ini berada di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang, Jawa Tengah.

Destinasi Desa Bulu ini dapat memberikan prestasi yang sangat luar biasa bagi pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang.

Kepala Desa Bulu Suharyati mengatakan di taman seluas 1 hektar itu terdapat joglo sekaligus restoran yang di dalamnya terpajang galeri batik tulis Matoh dan aneka meja kursi dari akar pohon jati.

Di luar juga terdapat aneka ratusan tanaman bunga termasuk bunga Celocia yang menarik dan pepohonan besar yang meneduhkan.

Kepala Desa Bulu menyebut total anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan obyek wisata tersebut senilai kisaran Rp 7 miliar. Biayanya menggunakan anggaran pribadi, Dana Desa dan iuran warga setempat.

Ada edukasi batik, edukasi akar, edukasi tanaman,  wahana outbond

Keberadaan makam pahlawan nasional ini telah menginpirasi untuk membangun efek multiplier guna meningkatkan taraf hidup masyarakat. (*)