Jateng Today
Harga Wingko Babad Asli Cap Kereta Api Oleh-oleh Khas Semarang
Tribun Jateng

Harga Wingko Babad Asli Cap Kereta Api Oleh-oleh Khas Semarang

WINGKO BABAD CAP KERETA API – Oleh-oleh khas Semarang tidak hanya Lumpia, tapi juga makanan trasional yang super enak wingko babat.

Wingko Babad di Semarang identik dengan cap Kereta Api karena itulah wingko babatnya.

Saat ini banyak sekali wingko yang dijajakan di Semarang dengan gambar kereta api. Wingko Babad Cap Kereta Api yang asli  berada di di Jalan Cendrawasih 14, Semarang Kawasan Kota Lama.

Asal mula Babad adalah nama kota kecil di Jawa Timur, tempat lahir Ny Mulyono, istri dari orang yang pertama kali mempopulerkan wingko di Semarang, yaitu D. Mulyono.

Sejak D. Mulyono pindah ke Semarang tahun 1946, ia memulai menjajakan wingko yang berasal dari resep keluarganya di Stasiun Kereta Api Tawang, Semarang sebagai oleh-oleh yang dibawa oleh para penumpang kereta api.

Agar wingkonya lebih dikenal dan gampang diingat, D. Mulyono menamakan wingkonya dengan merk Wingko Babad Cap Kereta Api, tempat dimana ia menjajakan wingkonya.

Selain merk, kemasan wingko juga diberi logo gambar kereta api yang gambarnya diambil dari gambar sampul buku saran yang ada di gerbong restorasi.

Sejak awal wingko sudah dibuat di tempatnya yang sekarang. Dulu bernama Jalan Osterwal Straat 14. Lalu jalan ini berganti nama menjadi Purwadinatan Timur 14 dan terakhir berganti nama lagi menjadi Jalan Cendrawasih 14, Semarang.

Wingko Babad Cap Kereta Api dibuat tidak menggunakan bahan pengawet, gula buatan, dan penguat rasa essence. Maka bila Anda mengujungi Kota Semarang tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh wingko babad.

Wingko sendiri merupakan sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula.

Salah satu wingko babad yang sudah melegenda dan wajib dicoba adalah Wingko Babad Cap Kereta Api yang berada di Jalan Cendrawasih No 14, Purwodinatan, Semarang Utara.

Wingko Babad Cap Kereta Api sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat Semarang karena telah ada sejak tahun 1946.

Wingko babad Kereta Api yang sudah melegenda di Kota Semarang berada di Jalan Cendrawasih no 14, Ssmarang, Rabu (3/7/2019)
Wingko babad Kereta Api yang sudah melegenda di Kota Semarang berada di Jalan Cendrawasih no 14, Ssmarang, Rabu (3/7/2019) (Tribunjateng.com/Like Adelia)

Ukuran wingko babad Semarang sendiri berbeda dengan wingko babad di daerah asalnya yaitu Babad, Lamongan, Jawa Timur.

Wingko babad ukurannya dibuat kecil agar bisa sekali makan.

Untuk harganya sendiri, wingko babad Cap Kereta Api dibanderol dengan harga Rp 5.700, per bijinya untuk rasa Original.

Wingko babad Kereta Api yang sudah melegenda di Kota Semarang berada di Jalan Cendrawasih no 14, Ssmarang, Rabu (3/7/2019)
Wingko babad Kereta Api yang sudah melegenda di Kota Semarang berada di Jalan Cendrawasih no 14, Ssmarang, Rabu (3/7/2019) (Tribunjateng.com/Like Adelia)

Untuk rasa buah nangka, durian, pisang dan cokelat harganya Rp 6.000,.

Namun bisa juga beli satu kotak wingko mini isi 17 biji dengan harga Rp 59.500,.

Nah bagi yang sedang berwisata ke Kota Semarang dan bingung ingin beli oleh-oleh apa, wingko babad Cap Kereta Api bisa jadi pilihan.

Toko oleh-oleh ini buka dari pukul 07.00 WIB – 18.30 WIB.

Tak hanya wingko babad, di toko ini juga menjual berbagai oleh-oleh lain khas Kota Semarang.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*